TREIndonesia

5 Tips Cegah Sakit Perut Disebabkan Rasa Gugup

21 April 2021

Sakit perut bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas. Salah satunya sakit perut karena kondisi gugup. Lalu bagaimana mengatasinya?

Merasa gugup bisa terjadi pada siapa saja. Otak dan usus terhubung melalui saraf vagus, salah satu saraf terbesar di tubuh. Saraf ini mengirimkan sinyal dari otak ke usus dan sebaliknya. Saraf vagus dapat menyebabkan gangguan pencernaan ketika seseorang mengalami stres dan gangguan cemas.

Ketika merasa tertekan baik oleh stres, panik atau gugup, maka otak akan melepaskan asam lebih banyak ke dalam perut. Hal inilah yang mempengaruhi adanya gangguan pada perut seperti sakit perut, perut terasa kembung, bersendawa, perut terasa perih, tiba-tiba merasa ingin buang air besar atau kecil, mual dan juga mulas.

"Stres memang disebabkan karena begitu banyaknya tekanan mental dan beban pikiran yang menyelimuti otak Anda, sayangnya hal ini tidak hanya dapat dirasakan oleh otak saja tetapi juga organ tubuh yang lain, seperti perut yang dengan cepat merespons efeknya," kata Kristen K. Brown, pemimpin salah satu studi. 

Jika sakit perut menyerang secara tiba-tiba ketika suasana hati sedang tidak baik, jangan terburu-buru mengambil obat pereda nyeri. Mungkin perlu mencoba untuk menyingkirkan stres terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut:

1. Ubah pikiran negatif menjadi hal positifnya 

Saat cemas, gugup, atau stres, seseorang mungkin akan cenderung berpikir negatif. Untuk mencegah cemas, gugup, atau stres yang bisa menyebabkan sakit perut, cobalah berlatih untuk menanamkan hal-hal positif dalam pikiran. 

2. Lakukan aktivitas fisik secara rutin

Melakukan aktivitas fisik secara rutin akan mengurangi rasa tegang dan merangsang hormon endorfin yang berperan untuk meredakan rasa sakit. Menurut Anxiety and Depression Association of America, hormon endorfin juga berperan untuk meningkatkan kualitas tidur. 

3. Belajar mengatasi stres

Setiap orang perlu menemukan cara yang sehat dan menyenangkan untuk melepaskan stres, antara lain:

  • Bicara atau curhat pada orang yang dipercaya

  • Meluangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai

  • Melakukan teknik relaksasi, seperti TRE, yoga, meditasi, atau berlatih teknik pernapasan.

  • Ambil waktu cuti atau berlibur sejenak untuk melepaskan kepenatan.

4. Tidur yang cukup

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa semakin buruk kualitas tidur seseorang, dirinya akan semakin mudah stres, yang nantinya dapat menyebabkan gangguan pada perut.

5. Pola makan yang baik dan cukup serat. 

Andrea Culliford, MD, ahli gastroenterologi bersertifikat Medical Offices of Manhattan, menyarankan untuk mengkonsumsi 25 gram serat per hari untuk menghindari sakit perut ketika merasa gugup. Untuk memastikan kecukupan serat, konsumsi banyak sayur dan buah, kacang-kacangan, atau gandum.