TREIndonesia

6 Jenis Emosi Dasar Manusia yang Melibatkan Psikologis dan Ekspresi

21 February 2021

Setiap pilihan, tindakan, dan persepsi pasti dipengaruhi emosi dasar manusia. Apa saja emosi dasar yang kita miliki?

Emosi adalah kondisi perasaan yang kompleks karena perubahan fisik dan psikologis. Emosi mempunyai peran penting untuk kehidupan kita dan berkaitan dengan kepribadian, mood, karakter, dan motivasi seseorang. Menurut psikolog, Don Hockenbury dan Sandra E. Hockenbury, mengatakan:

“Emosi adalah suatu kondisi psikologis yang kompleks yang melibatkan tiga komponen khusus berbeda yaitu suatu pengalaman yang subjektif, respons psikologis, dan respon tingkah laku atau ekspresi.”

Apa saja emosi dasar yang dimiliki manusia?

Setiap orang memiliki tingkat dan pengelolaan emosi yang berbeda. Salah seorang ahli, Paul Ekman, menyebutkan ada enam macam emosi dasar di dalam diri seseorang, yakni:

1. Emosi bahagia,

Emosi ini diartikan sebagai keadaan emosi yang menyenangkan, seperti perasaan puas, gembira, dan sejahtera Kebahagiaan sangat berpengaruh pada kesehatan fisik, salah satunya meningkatkan imun sistem. Kebahagiaan dapat diekspresikan dengan banyak cara, seperti tersenyum, nada suara ceria, dan bahasa tubuh yang bersemangat dan santai.

2. Emosi sedih

Didefinisikan sebagai kondisi emosional yang bercirikan perasaan tak bersemangat, tak tertarik dalam mengerjakan hal apapun, mood yang murung, kekecewaan, hingga perasaan berduka. dirasakan banyak orang.

3. Emosi takut

Takut merupakan emosi yang kuat dan berperan penting dalam dalam pertahanan hidup. Respons fight or flight juga membantu kita menyiapkan diri untuk melawan ancaman tersebut. Saat kita merasakan emosi ini, otot menjadi tegang, jantung berdetak lebih cepat, dan pikiran jadi lebih waspada.

4. Emosi marah

Sama seperti ketakutan, perasaan marah juga dibutuhkan untuk melindungi diri dan merespons ancaman dan berkaitan dengan respon 'fight or flight'. 

5. Emosi jijik

Rasa jijik timbul bisa dari rasa, pemandangan, atau bau yang tidak menyenangkan. Rasa jijik ditunjukkan orang dengan berbagai cara seperti berpaling dari objek jijik, mual atau muntah, serta kerutan hidung dan bibir atas.

6. Emosi terkejut

Kaget bisa dikategorikan sebagai emosi positif, emosi negatif, dan juga netral. Tanpa disadari, emosi ini ternyata penting untuk perilaku seseorang. Sebab rasa terkejut atau kaget dapat memotivasi seseorang untuk bersikap lebih tenang dan belajar untuk mengontrol diri dan emosi.

Jadi, inilah jenis emosi dasar manusia. Setiap manusia memiliki emosi dan cara bereaksi yang berbeda-beda. Dengan mengetahui beberapa jenis emosi, kita bisa memahami lebih dalam tentang bagaimana dampaknya terhadap perilaku, serta mengetahui cara untuk mengendalikannya.