TREIndonesia

6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gerd Kambuh!

10 November 2020

Bukan hanya telat makan atau mengkonsumsi makanan atau minuman pemicu asam lambung (GERD) tapi juga ada kebiasaan yang dapat memicu gerd. Apa saja kebiasaannya?

Keluhan ini mungkin sudah tak terdengar asing bagi sebagian orang. GERD menjadi salah satu penyakit asam lambung yang paling sering dialami belakangan ini. Tak hanya harus memperhatikan makanan atau minuman yang dikonsumsi, tapi penderita GERD juga harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas. GERD adalah asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan (reflux) disebabkan katup lambung tidak berfungsi optimal, yang mengakibatkan rasa terbakar di dada, mual, dan nyeri ulu hati.

Berbagai gejala GERD lambat laun bisa mengacaukan pola tidur jika tidak ditangani dengan baik. Akibatnya, tubuh pun akan jauh lebih lelah daripada biasanya. Beberapa orang tak menyadari bahwa dirinya menderita GERD, sehingga gejala yang dialami dapat amat membingungkan. Untuk mengantisipasi terjadinya GERD, beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Makan berlebihan

Makan dalam porsi berlebihan bisa menambah tekanan terhadap perut. Hal ini dapat memicu rasa nyeri sebagai tanda dari kemunculan GERD. Jadi usahakan kamu makan dalam porsi yang cukup dan tidak terlalu full agar lambung tetap aman saat menerima makanan.

2. Makan tidak teratur

Jika sering menunda makan dalam jangka waktu yang cukup lama maka faktor ini dapat memicu terjadinya GERD. Saat perut kosong, asam lambung memproduksi jumlahnya yang lebih banyak dari biasanya dan ini berdampak pada lapisan dinding perut yang akhirnya ikut teriritasi. Usahakan untuk makan teratur sehari 3 kali dalam porsi normal.

3. Makan sambil mengobrol

Makan sambil mengobrol sehingga udara ikut masuk bersama makanan dan membuat tekanan dalam lambung meningkat. Usahakan makanan dihabiskan terlebih dahulu.

4. Setelah makan, langsung tidur

Berbaring dalam kondisi perut kenyang setelah makan dapat menyebabkan tekanan dalam perut. Kebiasaan ini memang terbilang paling sering terjadi, untuk mencegahnya, sebaiknya menunggu makanan tercerna dengan baik, setidaknya 2-3 jam.

5. Merokok dan konsumsi alkohol

Merokok dapat meningkatkan produksi hydrochloric acid dalam perutmu. Sedangkan alkohol memiliki kandungan yang mampu mengiritasi sistem pencernaanmu. Sebaiknya, ini dihindari.

6. Stres berlebihan

Stres bisa memicu asam lambung naik lebih cepat dan juga membuat hormon tidak seimbang. Akibatnya, kita cenderung makan lebih banyak dan terus menerus sehingga kemungkinan GERD lebih besar dan ini faktor utama kenapa GERD tidak kunjung sembuh. Cobalah untuk melakukan manajemen stres seperti latihan relaksasi dan melakukan hobi untuk menyeimbangkan kondisi fisik dan mental.