TREIndonesia

Awali dari Diri Sendiri Untuk Menikmati Hidup Bahagia dengan Kesederhanaan

23 March 2021

Orang-orang bahagia punya cara bertindak dan berpikir yang yang berbeda dibandingkan orang pada umumnya, termasuk dengan hal yang sederhana. Seperti apa bahagia dengan kesederhanaan?

Adanya rutinitas terkadang membuat seseorang merasa jenuh dan menganggap hidup begitu-begitu saja. Tapi, ada banyak orang yang merasa bahagia dengan kondisi mereka saat ini. Hal ini dapat terjadi karena gaya hidup, kepuasan pribadi, dan penerimaan mereka terhadap kondisi saat ini.

Sebenarnya, kebahagiaan berawal dari diri sendiri bukan bergantung pada orang lain. Bahagia bisa dikatakan menjadi salah satu kunci agar terhindar dari stres. Meski begitu, menjadikan hidup benar-benar terasa bahagia bagi seseorang tentu tidak semudah mengatakannya. Tapi, bukan berarti tak dapat dilakukan.

Tak ada salah untuk menerapkan cara menikmati hidup bahagia dengan kesederhanaan yang mana juga mampu membawa seseorang ke dalam ketenangan dan kedamaian, seperti:

1. Mensyukuri apa yang dimiliki

Bersyukur menjadi kunci utama memiliki kehidupan yang bahagia. Rasa bersyukur membantu untuk merasa cukup dengan apa yang didapat dan miliki saat ini. Rasa syukur juga menjadi pondasi yang kuat untuk selalu memiliki hati yang tenang. Apapun masalahnya, seseorang bisa menghadapi dan menyelesaikannya dengan pikiran yang lebih jernih.

2. Fokus pada diri sendiri

Fokus pada diri sendiri bukan berarti sebuah keegoisan. Hal ini juga merupakan cara mencintai diri sendiri. Sebab, yang menjalani hidup, menentukan pilihan dan bertanggung jawab atas suatu keputusan adalah diri sendiri. Dengan begitu, cobalah fokus pada diri sendiri agar bisa lebih menikmati hidup.

3. Kenali hal-hal positif

Hal-hal negatif lebih mudah menyita perhatian dan pikiran ketimbang yang positif. Untuk itu, latihlah dengan mencoba berpikir positif dari waktu ke waktu. Jika sudah terbiasa, akan lebih piawai menikmati hidup.

4. Tidak perlu meniru gaya hidup orang lain

Salah satu cara untuk menemukan kedamaian batin adalah melakukan apa yang disukai dan disenangi tanpa perlu meniru gaya hidup yang dijalani oleh orang lain. Nikmati hal-hal kecil dalam hidup agar tetap merasa bahagia.

5. Saling berbagi

Tidak perlu memikirkan berapa jumlah yang dimiliki saat ini, sebab hal yang perlu dilakukan adalah menyadari bahwa berbagi itu penting. Saat memberikan sesuatu dari hati kepada orang lain, hati akan merasa bahagia. Dan membuat orang lain bahagia adalah salah satu perasaan terbaik yang dapat dirasakan.

6. Jangan terjebak masa lalu

Masa lalu adalah waktu yang telah kita tinggalkan dan lalui. Cukup jadikan masa lalu sebagai pembelajaran mahal yang tak akan pernah bisa dibeli. Buatlah slogan hidup move on agar menjadi dorongan dan motivasi untuk maju ke masa depan.