TREIndonesia

BAHAGIA adalah Satu Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

25 November 2020

Bahagia adalah obat yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan dan memang punya efek penyembuhan terhadap tubuh.

Kebahagian merupakan sebagai kondisi psikologis yang positif, yang ditandai oleh tingginya kepuasan terhadap masa lalu, tingginya tingkat emosi positif, dan rendahnya tingkat emosi negatif. Sehingga dari emosi positif dan kualitas kesehatan yang baik, sebenarnya memiliki keterkaitan bahkan keduanya itu saling terhubung.

"Studi ini telah mengkonfirmasi, dengan hampir tidak diragukan lagi, bahwa kebahagiaan benar-benar dapat mempengaruhi kesehatan," ujar penulis utama Edward Diener, profesor psikologi sosial di University of Utah.

Di lain sisi, banyak yang beranggapan kalau bahagia itu dirasakan di hati. Padahal perasaan bahagia justru muncul dari dalam otak. Bahagia terjadi akibat adanya neurotransmitter tertentu di dalam otak. Neurotransmitter merupakan zat kimia pada sistem saraf yang menyebabkan seseorang merasakan sedih, senang, takut, jatuh cinta, dan perasaan lainnya. 

Dalam kondisi senang, neurotransmitter utama yang dihasilkan oleh otak adalah zat dopamin dan serotonin. Dopamin dan serotonin ini nantinya akan mempengaruhi tubuh dengan berbagai mekanismenya.

Para psikolog juga menyelidiki faktor-faktor yang berkontribusi terhadap ketahanan emosional, kebahagiaan, dan kesehatan, sehingga dapat membantu kita untuk hidup lebih sehat, lebih bermakna, dan lebih bebas stres. Sama halnya, menurut Martin Seligman, pelopor bidang Psikologi Positif, yang mengatakan:

"Pengalaman yang membangkitkan emosi positif dapat dengan cepat menyingkirkan emosi negatif yang sedang dirasakan. Hal ini berfungsi untuk melawan perasaan malang dan melawan gangguan psikologis, dan mungkin menjadi kunci untuk membangun ketahanan emosional. Terapi pengobatan yang baik bukan hanya bertujuan menyembuhkan penyakit, tetapi juga membantu pasien mengidentifikasi dan membangun kekuatan serta kebaikan yang mereka miliki." 

Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap merasa bahagia, positif dan sehat?

Beberapa hal yang bisa kita lakukan seperti:

1. Ekspresikan diri

2. Berpikir positif

3. Latihan self-healing yang dapat membantu mengelola stres, emosi negatif

4. Bergaul atau bersosialisasi 

5. Lihatlah sisi baik kondisi maupun diri kita

6. Minta bantuan saat membutuhkan