TREIndonesia

Bahasa Tubuh Dapat Menggambarkan Perasaan dan Pikiran

08 April 2021

Selain melalui kata-kata yang diucapkan, bahasa tubuh atau mimik wajah juga memiliki peran penting dalam memberikan informasi untuk menunjukkan apa yang seseorang pikirkan atau rasakan.

Menurut para ahli, bahasa tubuh ditunjukkan secara alami ketika seseorang ingin menyampaikan informasi, tapi tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Itulah sebabnya membaca bahasa tubuh seseorang sangat penting untuk memahami situasi.

Ekspresi wajah, gestur, dan postur adalah bagian dari bahasa tubuh untuk berkomunikasi secara non-verbal. Secara tidak disadari, kita sebenarnya menerima cukup banyak bahasa tubuh. Menurut penelitian UCLA, hanya 7 persen bagian komunikasi yang berkaitan dengan kata-kata yang kita ucapkan. Sisanya, sekitar 38 persen berasal dari nada suara dan 55 persen lagi berasal dari bahasa tubuh.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini...

  1. Menggigit bibir

Menurut ahli bahasa tubuh, Blake Eastman, menggigit dan mengunyah bibir ini menunjukkan rasa takut dan kecemasan. Hal ini menunjukkan orang tersebut tidak nyaman dalam situasi tertentu atau terhadap sesuatu. Dan ada juga,yang menunjukkan kalau seseorang sedang merasakan tekanan atau merasa canggung, kata psikolog Carol Kinsey Goman.

  1. Menggaruk hidung

"Karena ketika seseorang berbohong, adrenalin di tubuh nya akan meningkat. Hormon adrenalin membuat tekanan darah dan denyut jantung meningkat. Hal ini akan menyebabkan pembuluh kapiler membesar dan membuat hidung menjadi gatal," ungkap Michael Cunningham, psikolog dan profesor di University of Louisville, AS.

  1. Memiringkan kepala

Ternyata hal ini bukan berarti bosan mendengar ceritanya, tetapi sebaliknya saat seseorang bercerita, kemudian lawan bicaranya memiringkan kepalanya. Artinya, ia tertarik dengan cerita dan ingin mendengar semua detail cerita.

  1. Menaikkan dan mengerutkan alis

Mengerutkan alis, biasanya menunjukkan emosi yang negatif, seperti kebingungan dan ketakutan. Sebaliknya, menurut profesor komunikasi Laura Guerrero mengatakan, jika menaikkan alis bisa berarti rasa ingin tahu atau ketertarikan akan suatu hal.

  1. Mengedarkan pandangan ke atas atau ke samping

Jika bola mata seseorang bergerak ke sudut dan melihat ke atas, seseorang berusaha dan bercerita mengingat sebuah kejadian yang dialaminya. Karena ia berusaha membayangkan kejadian kembali.

  1. Menggaruk kepala

Menggaruk-garuk leher atau kepala, bisa diartikan orang itu sedang berpikir atau mencoba menemukan kata-kata yang tepat untuk diungkapkan dan kemungkinan seseorang sedang gugup dan kesulitan untuk mengutarakan perasaannya.