TREIndonesia

Be Yourself! Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya Itu Lebih Menyenangkan

03 March 2021

Jangan terus memikirkan hal lain, tapi juga harus mencintai dan menghargai diri sendiri. Sejatinya, menghargai diri sendiri jauh lebih penting.

"Jadilah diri sendiri", ini adalah kalimat yang mungkin paling sering kita dengar sepanjang sejarah manusia untuk memberi nasihat perkembangan pribadi. Setiap orang tentu menginginkan kehidupan yang tentram dan damai.

Sebab, hidup yang hanya dipenuhi dengan kegelisahan bukan saja menimbulkan permasalahan yang pelik, namun juga menjadi penyebab datangnya stress.

Sesungguhnya, jadi diri sendiri itu lebih baik dan mudah untuk dilaksanakan asalkan kita mau mencoba. Menjadi diri sendiri harus berani mengakui bahwa kita unik, beda dari orang lain. Meskipun terkadang sungguh menyakitkan, akan tetapi menyenangkan jika dilakukan tanpa beban, nothing to lose, guys. 

6 tips mudah agar kamu bisa mulai menjadi dirimu sendiri. Hal apa saja yang perlu kamu lakukan? Berikut penjelasannya...

1. Bersyukur

Bersyukur membuat kita merasa cukup sekalipun dalam kekurangan dan dengan cara ini kita akan bangga atas pencapaian yang dilakukan oleh diri sendiri. 

2. Jujur dan selalu terbuka

Kita semua adalah manusia yang tidak sempurna, masih berkembang dan belajar. Jika ada aspek yang membuat kita malu atau minder dan rasanya harus disembunyikan secara fisik ataupun emosional, kita harus berdamai dengan kekurangan itu dan belajar mengubahnya menjadi keunikan, atau cukup dengan mengakui bahwa kita tidak sempurna.

3. Love yourself

Belajarlah untuk mencintai diri kita sendiri. Jadilah apa adanya diri kita tanpa rasa ingin menjadi seperti diri seseorang. Jadikanlah idola kita sebagai motivasi kita untuk lebih berkembang.

4. Bangga terhadap diri sendiri

Berbanggalah terhadap kelebihan dan kekuatan yang kita miliki. Maksimalkan potensi yang dimiliki. Jadilah orang yang selalu mau berbagi dan rendah hati. 

5. Mengakui kelemahan dan mau belajar

Sadarilah bahwa tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Setelah kita mengakui kelemahan, belajarlah untuk menjadi lebih baik di kemudian harinya sekaligus bangga akan diri sendiri.

6. Rileks

Jangan selalu mengkhawatirkan hal buruk yang akan terjadi, seperti di depan publik. Ubahlah insiden memalukan menjadi cerita lucu dan bisa ceritakan kepada teman-teman atau keluarga. Bersikap santai juga merupakan kualitas menarik.