TREIndonesia

Benarkah Makanan yang Jatuh ‘Belum 5 Menit’ Masih Boleh Dimakan? 

29 December 2020

"Mumpung belum 5 menit", sering mendengar kalimat itu? Ungkapan itu biasanya digunakan saat ada makanan yang tak sengaja jatuh, kemudian segera diambil untuk dimakan.

Mereka berpikir, asalkan belum 5 menit, makanan yang sudah jatuh ke lantai masih aman untuk dikonsumsi. 

Benarkah itu boleh?

Untuk membuktikan benarkah makanan yang jatuh belum 5 menit masih boleh dimakan atau tidak, menurut para ahli dari University of Clemson, AS, melakukan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa suatu makanan apakah terkontaminasi bakteri atau tidak, tidak tergantung dari rentang waktu tertentu ketika makanan itu terjatuh.

Fakta lainnya juga dari salah satu penelitian mengenai five seconds rule ini dipublikasikan tahun 2016 di jurnal Applied and Environmental Microbiology. Penelitian tersebut menyebutkan, bakteri bisa saja akan langsung menghinggapi makanan segera setelah jatuh, bahkan bila Anda berhasil mengambilnya segera sebelum lima detik.

Kemungkinan besar, makanan tersebut sudah dipenuhi kuman dan bakteri berbahaya seperti E. coli dan Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare dan demam. Bakteri E. coli bisa berpindah dari lantai ke makanan dalam waktu lima detik, bahkan bisa lebih cepat lagi pada jenis permukaan ubin yang halus.

Namun, tergantung juga dengan keadaan orang yang mengkonsumsi, apakah dalam kondisi stamina yang baik atau tidak. Jika sedang kurang baik, maka akan lebih mudah terkena penyakit dari bakteri yang dibawa oleh makanan yang sudah jatuh.

Apa saja faktor yang mempengaruhi makanan cepat dihinggapi bakteri?

Ahli kuman dan bakteri, Professor Anthony Hilton, dari Aston University mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitiannya, yaitu:

  • Jenis permukaan lantai, 

  • Jenis makanan yang jatuh ke lantai, dan 

  • Berapa lama makanan berada di lantai bisa berpengaruh pada jumlah kuman yang berpindah ke makanan.