TREIndonesia

Berbagai Olahraga yang Dapat Atasi Stres

04 February 2021

Olahraga sangat penting bagi tubuh, salah satu sebagai pereda stres yang dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Berikut berbagai olahraga yang dapat menghilangkan stres.

Stres adalah reaksi tubuh ketika seseorang menghadapi tekanan, ancaman, atau suatu perubahan. Biasanya, seseorang yang mengalami stres ketika tuntutan yang diberikan padanya lebih besar dari kemampuannya untuk mengatasinya dan hal ini wajar dialami setiap orang. 

Tapi, jangan sampai stres dapat mengganggu kesehatan tubuh. Agar terbebas dari stres, kamu bisa memulainya dengan berolahraga. Lakukan olahraga bervariasi dalam rutinitas kamu agar tidak bosan menjalaninya. 

"Saat Anda melakukan aktivitas fisik, tubuh Anda memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bekerja untuk melawan stres. Jadi, olahraga dapat membebaskan pikiran Anda dari berbagai masalah,” ujar Frank Lupin, MS, pelatih atlet berlisensi di Coordinated Health.

Berikut, olahraga yang dapat mengatasi stres, antara lain:

  1. Jalan santai atau jalan cepat

Orang yang sering jalan kaki, baik jalan santai atau jalan cepat, akan mendapatkan manfaat, seperti melepaskan ketegangan otot, melatih pernapasan, dan menenangkan sistem saraf dan akan merasa lebih santai karena tingkat stres berkurang. 

  1. Olahraga yang bersifat rekreasi/menyenangkan

Olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan seperti bulutangkis, bola voli, tenis dan renang. Selain itu, beberapa jenis olahraga tersebut juga tidak terlalu menguras tenaga maupun meningkatkan adrenalin, sehingga baik untuk menghilangkan stres.

  1. Menari

Menari meningkatkan kelincahan tubuh ketika bergerak. Artinya, otot dalam tubuh harus menegang dan melakukan relaksasi. Selain itu, setiap gerakan juga meningkatkan detak jantung. Manfaat menari yang dapat mengurangi stres adalah tumbuhnya kontak dan hubungan dengan orang lain.

  1. Yoga

Pasalnya, berbagai postur yoga melibatkan kekuatan tubuh serta pikiran sehingga mengurangi ketegangan otot dan fisik. Yoga juga menggunakan teknik pernapasan dalam yang memicu respons relaksasi tubuh, dapat mengatasi stres dan mengurangi tekanan darah.

  1. Tai chi

Tai chi dapat bertujuan untuk menenangkan pikiran dan kondisi tubuh sehingga sangat baik untuk menghilangkan stres. Bela diri asal Tiongkok ini juga dapat meningkatkan kelenturan dan stamina tubuh, membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan meringankan gejala berbagai Penyakit.

  1. Pilates

Joseph Pilates mengembangkan olahraga pilates dengan tujuan membangun kekuatan, kelenturan, dan daya tahan tubuh. Pilates juga mampu membuat tubuh lebih bersemangat dan energi positif ini yang menyingkirkan stres.

  1. TRE

Metode TRE (Tension & Stress Releasing Exercises) yang diciptakan oleh Dr. David Berceli mampu meriliskan emosi negatif, stres, tekanan dan ketegangan tubuh agar tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang serta mampu meningkatkan sistem imun tubuh.