TREIndonesia

Berbagi Adalah Pangkal BAHAGIA

16 April 2021

Berbuat baik bisa dilakukan dengan membantu orang lain dan membantu sesama yang kesusahan. Hal-hal positif yang dilakukan, akan mendatangkan kebahagiaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang berjuang untuk mendapatkan kebahagiaan untuk dirinya sendiri. Bukan hanya sekedar mendapatkan uang, namun kebahagian juga bisa didapatkan dengan banyak cara. Sapaan, senyuman atau lambaian tangan adalah bagian dari cara paling mudah untuk saling berbagi bahagia. 

Misal, kita bisa memberi senyuman kepada orang lain. Hal sederhana ini dapat berarti banyak dan bermanfaat bagi orang lain, salah satunya meningkatkan aura positif dalam dirinya dan perasaan bahagia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Riverside, salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang adalah dengan berbuat baik.

Berbagai kegiatan serupa diyakini dapat meningkatkan emosi, pikiran dan perilaku positif yang kemudian meningkatkan perasaan bahagia dalam diri.

"Ketika kita bisa menolong dan berbagi dengan orang lain, kita tidak cuma membahagiakan orang lain, tapi juga membahagiakan diri sendiri," kata psikolog anak dan remaja, Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Kemudian, Jorge Moll dan rekan-rekannya di National Institutes of Health juga menemukan, bahwa ketika individu menyumbang untuk amal, maka hal tersebut akan mengaktifkan daerah otak yang berhubungan dengan kesenangan sehingga mampu menciptakan perasaan yang lebih positif.

Wang dan Graddy di tahun 2008 juga memaparkan bahwa orang yang bahagia memiliki kemampuan emosional yang lebih tinggi untuk membantu orang lain dan memiliki kepribadian yang lebih optimis dan memiliki sikap yang lebih dermawan.

Lantas, apa sih ukuran seseorang berbahagia? Yuk, cek beberapa makna bahagia yang bisa diwujudkan dalam hidup sehingga hidup lebih berwarna....

  1. Bahagia itu berkumpul bersama keluarga

  2. Bahagia itu berbagi cerita bersama teman

  3. Bahagia itu berkarya

  4. Bahagia itu dicintai dan dihargai

  5. Bahagia itu belajar dari kesalahan

  6. Bahagia itu memberi

  7. Bahagia itu menjadi diri sendiri

  8. Bahagia itu sehat