TREIndonesia

Berlatih Jadi Zero Waste Sebagai Bentuk Cinta Pada Bumi

06 March 2021

Kita bisa melakukan pencegahan agar tidak semakin banyak menimbulkan dampak dan menghambat ekosistem. Dengan merubah gaya hidup baik dan sehat secara perlahan-lahan dan selalu berkomitmen untuk melakukannya. 

Permasalahan lingkungan hidup akan menyangkut masa depan kehidupan kita di bumi. Saat ini permasalahan yang sedang kita alami, berupa sampah plastik. Permasalahan sampah plastik memang sangat kompleks. 

Sampah plastik sebagian sudah sampai ke lautan, sehingga membuat laut menjadi tercemar dan hewan-hewan di lautan ikut terancam. Bagaimanapun juga, hal ini harus segera ada solusi terbaik.

Di tengah krisis lingkungan ini, ada sebuah solusi yang dikenal zero waste lifestyle (bebas sampah). Menurut Zero Waste International Alliance, yang dimaksud dengan Zero Waste adalah konservasi semua sumber daya dengan cara produksi, konsumsi, penggunaan kembali dan pemulihan produk, pengemasan tanpa pembakaran, dan tanpa pembuangan ke tanah, air, atau udara yang mengancam lingkungan atau kesehatan manusia.

Mau tau cara memulai zero waste lifestyle?

  • Memanfaatkan barang yang tidak dipakai

Mulailah untuk memanfaatkan barang-barang yang kamu miliki dan masih bisa dipakai berulang kali.

  • Bijak dalam mengkonsumsi makanan

Sering membeli makanan karena lapar mata dan berakhir tidak termakan, sekarang saatnya untuk bijak saat membeli makanan agar tidak terbuang sia-sia.

  • Think before you buy it

Sering tergoda dengan diskon, akhirnya menjadi impulsive buying untuk barang-barang yang sebenarnya tidak perlu. Cobalah untuk smart consumer dengan hanya membeli barang yang kamu butuhkan saja dan menolak bungkusan atau kantong plastik.

  • Memisahkan sampah organik dan anorganik

Meskipun kita masih menghasilkan sampah, tapi setidaknya kita bisa membantu mengurangi dan mengolah sampah dengan memisahkan tempat sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah yang bisa 

Menjalani zero waste lifestyle bisa dimulai dari hal-hal kecil dan simple dari diri sendiri, kemudian kamu bisa perlahan mengajak orang-orang di sekitar untuk ikut menjalani zero waste.