TREIndonesia

Bersepeda Baik Untuk Kesehatan Fisik Maupun Mental

27 March 2021

Bukan cuma untuk fisik, bersepeda juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Berikut manfaatnya...

Selama pandemi ini, kini telah marak olahraga bersepeda. Tentu, bersepeda salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat dalam kesehatan terutama bagi kesehatan jantung, obesitas, diabetes hingga kesehatan mental. 

Dengan bersepeda, kita akan bernapas lebih dalam, berkeringat dan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan.

Yuk, simak manfaat bersepeda bagi kesehatan fisik dan juga mental...

1. Baik untuk kesehatan mental

Bersepeda dapat membantu meredakan stres, depresi, dan gangguan kecemasan. Dengan berkonsentrasi memperhatikan jalan saat bersepeda, maka pikiran akan ikut fokus dan menikmati momen yang saat ini sedang dilewati.

Hal ini bisa menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dan juga akan memicu keluarnya endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan yang dapat menurunkan stres.

2. Memperbaiki kesimbangan dan postur tubuh

Ketika bersepeda, kita berusaha menstabilkan posisi tubuh dan menjaga sepeda agar tetap lurus. Hal ini akan membantu meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur tubuh.

3. Dapat meningkatkan kemampuan otak

Bersepeda dapat meminimalisir penurunan fungsi daya pikir dan risiko demensia. Karena, bersepeda dapat mengakitbatkan adanya peningkatan aliran darah menuju otak. Anda bisa bersepeda selama 45 sampai 60 menit setiap harinya untuk mendapatkan manfaat tersebut.

4. Baik untuk sistem pernapasan

Ingin memiliki sistem pernapasan yang lebih sehat, salah satu caranya adalah olahraga bersepeda. Sebab, bersepeda secara rutin memiliki pengaruh positif terhadap kesehatan sistem pernapasan.

5. Menjaga berat badan

Cara yang baik untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan, karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh adalah bersepeda.

6. Dapat meningkatkan mood

Bersepeda santai selama minimal 30 menit per hari dapat dijadikan salah satu solusinya. Kegiatan ini tentunya dapat meningkatkan suasana hati dan pikiran kita.

7. Dapat mengatasi insomnia

Manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari belum terlalu terik, dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

8. Membangun kekuatan tubuh

Bersepeda bantu meningkatkan stamina tubuh dan meningkatkan kapasitas daya tahan tubuh. Olahraga bersepeda bermanfaat untuk tubuh dengan meningkatkan energi.