TREIndonesia

Buang Rasa Minder dengan Cara-cara ini…

24 August 2021

Perasaan minder memang erat kaitannya dengan percaya diri. Menghilangkan rasa minder kadang terasa impossible. Untuk mengatasi rasa minder, coba ikuti tips di bawah ini.

Merasa minder tentu pernah dialami setiap orang. Entah itu rasa kurang percaya diri, rendah diri, rasa malu, grogi untuk tampil di hadapan orang banyak. Menurut psikologi terkenal, Alfred Adler, mengatakan:

"Kebanyakan orang merasa minder karena mengalami inferioritas yang ditandai adanya perasaan tidak kompeten atau ragu akan kemampuan dirinya. Perasaan ini bisa muncul karena orang tersebut merasa (atau betul-betul) memiliki kekurangan secara fisik maupun psikis".

Rasa minder bisa terjadi saat melihat orang lain yang lebih baik dibandingkan kita, atau ketika tidak percaya diri terhadap suatu hal. Sebenarnya, rasa minder bisa menjadi motivasi untuk lebih baik lagi.

Apalagi saat ini sangat menuntut kita untuk selalu percaya akan kemampuan dan potensi kita masing-masing. Jika saja kita bisa lebih percaya diri dan tahu mengenai cara mengatasi minder, maka tentu peluang menggapai yang dia inginkan akan tercapai dengan lebih mudah. 

Adakah cara efektif mengatasi rasa minder yang dimiliki? Simak ulasannya...

1. Bersyukur atas kondisimu

Bersyukur dengan kondisi diri kita yang sekarang bukanlah dengan memperbaiki kekurangan dan memaksimalkan kelebihan agar kesuksesan semakin cepat menghampiri.

2. Perbaiki penampilan

Memperbaiki penampilan bukan berarti kamu harus berdandan yang berlebihan, tapi cukup dengan memastikan bahwa kamu selalu tampil rapi, bersih dan wangi.

3. Temui rasa percaya dirimu

Menemukan rasa percaya diri adalah dengan mengetahui kelebihan yang dipunya.Maksimalkan terus kelebihan yang kamu bisa meskipun sekarang kamu merasa kelebihan itu hal yang sepele.

4. Hargai usaha apa yang telah kamu lakukan

Dengan mengucapkan terimakasih terhadap diri sendiri, kamu akan memiliki pikiran yang lebih jernih dan positif. 

5. Menangani Kelemahan

Dengan membuka diri untuk bisa menerima kritik dan pendapat dari orang lain. Jangan ragu untuk meminta bantuan apabila diperlukan dan tingkatkan kemampuan dan pengetahuan.

6. Berteman dengan orang yang selalu mendukungmu

Berteman dengan orang-orang yang selalu berfikir positif dan percaya diri, tentu akan membuat kamu bisa menghilangkan rasa minder.

7. Mematangkan persiapan kamu

Berusaha semampunya mengingat hal-hal yang akan kamu ucapkan serta kamu juga bisa memaksimalkan kemampuan sehingga kekurangan kamu tertutupi.