TREIndonesia

Bukan Karena Stres Saja, Sakit Kepala Bisa Juga Disebabkan Beberapa Kebiasaan

01 March 2021

Sakit kepala memang banyak penyebabnya, bukan karena stres saja baru merasakan sakit kepala. Tapi, justru bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan. Apa saja?

Sakit kepala memang bukan jadi hal yang serius, tetapi kalau sudah terlalu sering tentu sangat mengganggu bahkan sulit berkonsentrasi. Dr. Vernon Williams, ahli saraf dan Direktur Center for Sports Neurology and Pain Medicine, Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institute, memaparkan, secara umum, sakit kepala terjadi ketika pembuluh darah, otot, dan saraf dirangsang secara berlebihan.

"Ketika bagian yang sensitif terhadap rasa sakit ini menjadi terlalu aktif, atau saat aktivitas kimia di otak berubah, Anda akan merasakan sensasi sakit kepala yang tidak nyaman."

Lalu untuk mengatasinya, jangan buru-buru memilih untuk minum obat. Sebab, sakit kepala yang menyerang juga tidak melulu tanda adanya penyakit. Bisa jadi kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan justru menjadi faktor penyebab kepala sering sakit.

Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Suka begadang atau kurang tidur. Ingat tubuh membutuhkan istirahat.

  2. Karena STRES? Yuk, lakukan latihan relaksasi atau olahraga.

  3. Kurang bergerak. Lakukan peregangan ya!

  4. Posisi duduk dalam bekerja. Sebaiknya tegak dan cari posisi yang nyaman biar sirkulasi darah lancar.

  5. Haus dan mengantuk, tidak selalu dengan minum kopi . Yuk kurangi dan cukupi kebutuhan cairan (air putih) dalam tubuh.

  6. Mengkonsumsi minuman beralkohol. Sebaiknya hindari ya!

  7. Pola makan tidak terjaga. Yuk, perhatian pola makan sehat dan seimbang.

  8. Menghabiskan waktu di depan perangkat elektronik. Gunakan kacamata antiradiasi dan Coba turunkan kecerahan pada ponsel, tablet, dan laptop kamu.

  9. Terlalu lama terpapar sinar matahari. Coba gunakan kacamata atau topi.

  10. Menggendong tas terlalu berat. Sebaiknya kurangi isi/volume dalam tas.