TREIndonesia

Cemas Dapat Menurunkan Sistem Imun

14 February 2021

Rasa cemas bisa dialami oleh siapa saja jika sedang dalam kondisi tidak stabil, baik secara emosi maupun suasana hati. Seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan dan berlangsung terus-menerus dapat mempengaruhi sistem imun.

Munculnya rasa cemas tidak bisa diprediksi secara pasti, dan biasanya muncul dari berbagai kombinasi dan juga faktor-faktor emosi seseorang. Salah satunya, bisa disebabkan oleh gagalnya saraf-saraf otak untuk mengontrol emosi dan rasa takut yang kemudian dapat mengubah alur komunikasi sel-sel saraf dalam sirkuit otak.

Jika rasa cemas tidak dapat dikelola dengan baik, akan semakin parah dan dapat berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Salah satunya dapat menurunkan sistem imun tubuh seseorang. Sampai saat ini, pemberitaan pasien covid-19 yang menyatakan semakin hari semakin bertambahnya, dapat membuat masyarakat menjadi semakin cemas, takut dan juga stres. 

Psikolog Wiene Dewi dari Himpunan Psikolog Indonesia (Himpsi) mengatakan kepanikan, cemas dan stres dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

"Jika kita sedang marah, cemas, sedih dan tertekan maka otak kita akan mengeluarkan hormon noradrenalin, yaitu hormon yang sangat beracun yang membuat fisik kita menjadi lemah, sakit-sakitan, cepat tua dan cepat mematikan syaraf." 

Kesehatan mental sangat berhubungan dengan sistem imun tubuh. Sistem imun adalah kumpulan dari milyaran sel dan beberapa organ yang bertugas untuk menjaga tubuh tetap sehat dan melawan penyakit. Kecemasan dapat memicu respons stres dan melepaskan banyak bahan kimia dan hormon, seperti adrenalin ke dalam sistem tubuh. 

Perlu diingat, jika berulang kali merasa cemas dan stres dan berlangsung lama, tubuh tidak pernah mendapat sinyal untuk kembali berfungsi normal. Ini dapat melemahkan sistem imun yang membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi virus dan penyakit.

Bahkan juga, penelitian menunjukkan bahwa rasa cemas dan gelisah dapat menyebabkan masalah tidur yang serius, seperti insomnia. Mengalami serangan kecemasan menyebabkan orang merasa lelah. Rasa kantuk sulit timbul karena kecemasan. Sehingga kurangnya kualitas tidur seseorang berdampak pada kesehatan pikiran dan tubuh, yang akhirnya akan menekan sistem kekebalan tubuh.  

Cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh, kamu bisa melakukan metode relaksasi yang sangat direkomendasikan mampu merilekskan tubuh dan pikiran, yakni metode TRE. Dengan TRE ini kamu bisa merasakan manfaatnya seperti tidur lebih nyenyak dan berkualitas, meriliskan emosi negatif, stres, kecemasan dan ketegangan pada tubuh.