TREIndonesia

Cuma Butuh Ini Untuk Dapat Memiliki Hubungan Sehat, Bahagia dan Harmonis

18 March 2021

Hubungan sehat akan memberikan dampak positif bagi kesehatan mental dan fisik. Namun, membangun hubungan sehat tidaklah mudah. Berikut simak tipsnya....

Memiliki hubungan yang sehat dan harmonis tentu menjadi dambaan setiap masing-masing individu maupun pasangan. Namun, realitanya banyak individu atau pasangan yang mengeluh akan problematika yang terjadi di dalam hubungannya bahkan di dalam keluarga. 

Mempertahankan suatu hubungan yang bahagia memang bukan hal yang mudah, tentu juga membutuhkan usaha. Sebab, hubungan harmonis yang sehat bisa meningkatkan dukungan dan kebahagiaan jangka panjang.

Agar hubungan selalu bahagia, sehat dan harmonis, simak beberapa tips yang bisa diterapkan untuk dapatkan hubungan yang harmonis, sehat dan langgeng, diantaranya:

1. Cintai diri sendiri

Semua itu berasal dari diri sendiri. Merasa nyaman dengan diri sendiri berarti kita juga bisa menjadi pribadi yang menyenangkan untuk orang terdekat kita maupun pasangan.

2. Bersikap saling terbuka

Dengan mencoba saling terbuka, maka hal ini akan menghindari kesalahpahaman satu sama lain. Jadi, jangan memendamnya sendiri.

3. Menjalin komunikasi yang baik

Tanpa adanya komunikasi yang baik, maka akan banyak terjadi selisih paham dan percekcokan antara kita dengan orang terdekat ataupun pasangan. Jadi, sempatkan waktu untuk memberi kabar dan memberikan perhatian.

4. Menjadi pendengar setia

Berusahalah untuk saling mendengarkan tentang apa pun yang menjadi keluh kesah satu sama lain. Dengan mendengarkan, kita juga akan lebih memahami apa yang dirasakan dan apa yang dibutuhkan orang tersebut atau pasangan.

5. Memberi dan meminta maaf

Hubungan itu bukan soal kalah atau menang. Akui kesalahan dan berikan maaf secara ikhlas tanpa mengungkit masalah dan ini juga jadi kunci hubungan bahagia.

6. Ciptakan suasana yang menyenangkan bersama-sama

Menciptakan dan meluangkan sedikit waktu demi mendapatkan special moment, merupakan salah satu faktor pendorongan hubungan tetap sehat dan awet. Coba lakukan hal-hal yang menyenangkan bersama, seperti berlibur, menonton film favorit, dan lainnya.

7. Menerima perbedaan

Namanya individu pasti ada perbedaan. Entah perbedaan pendapat atau pandangan politik, intinya adalah untuk tetap saling menghargai dan menghormati.

8. Saling mendukung

Memberikan dukungan dalam setiap langkah—positif—juga kerap dilakukan untuk memperoleh hubungan yang sehat dan bahagia. Jangan lupa untuk berikan pujian dan semangat atas hal kecil yang dicapainya, seperti kejutan.