TREIndonesia

Efek Buruk dari Postur Duduk yang Salah

10 March 2021

Seringkali tanpa sadari, duduk dalam posisi yang salah dapat membuat badan terasa pegal-pegal dan menyebabkan ketidaknyamanan pada fisik. Apa saja efek buruknya?

Hati-hati, kebiasaan ini dalam jangka panjang bisa merusak postur tubuh. Dan cara duduk yang salah juga dapat menimbulkan stres berlebih pada otot tertentu. Tidak hanya dapat berdampak buruk pada postur tapi kesehatan punggung seseorang. Misalnya, ketika bekerja posisi duduk yang melibatkan ketidaksesuaian jarak antara tubuh dengan komputer. Atau posisi kepala dan mata saat melihat layar komputer yang kurang tepat.

Kesalahan postur adalah salah satu penyebab paling umum yang mengakibatkan ketidaknyamanan fisik pada orang-orang dari segala usia dan dapat menyebabkan pegal dan nyeri otot. Seiring waktu, punggung akan membungkuk, leher dan bahu akan tegang dan dapat membahayakan tubuh kita tanpa diduga. 

"Memiliki postur yang buruk dapat menyebabkan banyak bahaya kesehatan," ujar chiropractor Dr. Matt Tanneberg DC, CSCS.

Efek buruk kebiasaan duduk dengan posisi yang salah terhadap postur tubuh, antara lain:

1. Mengubah postur tulang belakang

Posisi yang salah dapat membuat tulang belakang mendapat banyak tekanan dan bisa menjadi bungkuk. Jika hal itu terjadi, perubahan postur tubuh yang buruk dan menyebabkan rasa sakit jangka panjang bisa dialami.

2. Memicu mudah lelah

Posisi duduk yang salah juga bisa memunculkan mudahnya badan merasa kelelahan dan pegal. Untuk menahan tubuh dalam posisi yang tidak seharusnya, tubuh membutuhkan banyak energi yang dapat mengurangi kapasitas pernapasan kita sebanyak 30 persen. 

3. Mengganggu pencernaan 

Mempertahankan posisi duduk yang salah dalam jangka waktu yang panjang, dapat membuat organ pencernaan menjadi tersumbat, sehingga mengurangi efisiensi dan fungsi normal pencernaan. Karena pencernaan bekerja dengan lambat, maka ini memicu sembelit dan ketidaknyamanan.

4. Memicu nyeri punggung kronis

Menghabiskan cukup waktu dengan posisi tubuh yang buruk, maka dapat mulai mengalami sakit punggung kronis dan degenerasi cakram sendi. Secara keseluruhan, postur tubuh yang buruk dapat berakibat lebih buruk dari apa yang kita kira. 

5. Membuat tidak nyaman dan stres

Postur duduk yang buruk dan terlalu lama dapat menyebabkan pernapasan buruk. Ini dapat mempengaruhi sistem saraf dan meningkatkan stres. 

Untuk menjaga postur tubuh yang baik, pastikan melakukan peregangan. Kegiatan kecil seperti pergi ke kamar mandi atau pergi ke pantry kantor, juga akan membuat otot tubuh aktif dan postur tubuh belakang akan tetap terjaga.