TREIndonesia

Efek Positif dari Aktivitas Fisik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental 

06 January 2021

Selain menjaga pola makan sehat dan seimbang, salah satu bagian dari gaya hidup sehat yang perlu dilakukan setiap orang adalah aktivitas fisik atau olahraga. Apakah aktivitas fisik dapat mempengaruhi kesehatan fisik maupun mental?

Kesehatan mental dan kesehatan fisik adalah dua hal yang harus dijaga keseimbangannya. Ketika melakukan aktivitas fisik, tubuh juga akan melepaskan neurotransmitter dan hormon seperti endorfin, dopamin dan serotonin. 

Secara struktural, hormon endorfin yang mirip dengan morfin dapat memberikan efek pereda nyeri alami dan membantu menimbulkan perasaan euforia. Dan hormon dopamin yang mampu meningkatkan mood. 

Dan tanpa disadari, kita juga bisa terhindar dari stres dan masalah kesehatan mental lainnya. Menurut Katja Siefker, peneliti dari School of Health Sciences di University of South Australia, mengatakan bahwa berbagai bentuk olahraga memberi pengaruh positif pada kesehatan mental dengan cara yang berbeda.

Namun, jangan sampai melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Pasalnya, riset tersebut juga membuktikan bahwa orang yang sering melakukan aktivitas fisik intensitas tinggi memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi.

Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari aktivitas fisik:

• Meredakan kecemasan.

• Memperbaiki suasana hati.

• Mendongkrak rasa percaya diri.

• Meningkatkan konsentrasi dan fokus.

• Memperbaiki kualitas tidur.

Agar manfaat tersebut bisa dirasakan, cobalah untuk berkomitmen pada beberapa aktivitas fisik sedang, maupun kecil dengan melakukannya secara rutin.