TREIndonesia

Hindari menaruh Dompet di Saku Belakang Celana!

02 March 2021

Bukannya rawan kecopetan, risiko yang ini dapat merusak saraf belakang. Simak penjelasannya....

Tampil maskulin, tetap stylish dan simple kemanapun dan kapanpun dengan menaruh dompet di saku belakang celana, biasanya ini dilakukan oleh kaum pria dan ternyata memiliki berisiko lho.

Kondisi ini sama halnya dan tanpa disadari, ketika sedang menyetir, bekerja sambil duduk terlalu lama. Posisi duduk akan menjadi miring sebelah karena terganjal dompet, baik itu tebal atau tipis. Sehingga ketidakseimbangan posisi duduk akan memaksa tubuh untuk tetap menjaga keseimbangan berpusat pada panggul. 

“Duduk di atas dompet, apalagi dalam waktu lama, memicu ketidakseimbangan atau asimetri yang mengganggu posisi pinggul dan panggul,” jelas chiropractor terkenal di New York, Dr. Arnie Angrist. 

Postur tubuh yang akan terbentuk nantinya tidak akan alami dan memicu gejala kesemutan, mati rasa pada pergelangan kaki atau bagian bawah kaki, nyeri punggung bagian bawah, hingga yang lebih parah adalah rasa sakit saat berjalan, duduk, maupun berbaring.

Timbulnya rasa nyeri dapat digambarkan dengan nyeri tajam, atau sensasi terbakar ataupun tersengat listrik. Sebab, adanya penekanan pada daerah bokong dan di sela-sela otot gluteus terdapat banyak saraf yang mudah terjepit. Jepitan ini bisa menimbulkan rasa nyeri. 

“Duduk di atas tumpukan kartu kredit, ATM, SIM, bon-bon, uang dan koin, bisa menyebabkan stres di sendi pinggul dan punggung bawah,” jelas Stuart McGill, Ph.D., professor biomekanik tulang belakang di Universitas Waterloo, Ontario, Kanada.

Usahakan untuk menghindari kebiasaan ini dan cobalah mulai menaruh dompet di tempat lain. Selain itu, bisa lakukan hal-hal ini setiap kali hendak duduk untuk menghindari risiko gangguan saraf, yaitu:

  • Lakukan peregangan terlebih dahulu sebelum duduk.

  • Keluarkan dompetmu dari saku belakang sebelum duduk, meski ukurannya sangat kecil dan tipis.

  • Taruh dompet kamu di tempat lain seperti saku jaket, saku jas, kantong depan celana atau tas.

  • Duduk senyaman mungkin 

  • Jika merasakan keluhan, ada baiknya untuk segera konsultasi dengan tenaga ahli untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan tidak memperburuk keadaan.