TREIndonesia

Hormon Tak Seimbang? Inilah Akibatnya...

03 May 2021

Ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi segala aspek dalam kehidupan, termasuk kesehatan tubuh. Apa saja akibatnya?

Banyak komponen yang membuat tubuh tetap bekerja dan berfungsi dengan baik, salah satunya adalah hormon. Hormon adalah zat kimia pada tubuh, bagian dari sistem endokrin yang mempengaruhi kebanyakan sistem utama dan proses dalam tubuh. Maka, penting menjaga keseimbangan hormon.

Ketidakseimbangan hormon bisa terjadi karena gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat. Zat ini sangat berpengaruh pada fungsi tubuh, sedikit saja jumlah hormon berubah maka akan mempengaruhi suatu fungsi tubuh tertentu bahkan kesehatan seseorang secara umum.

Mungkin kita pernah dengar ada gangguan kesehatan yang disebabkan oleh hormon. Apa saja akibat dari ketidakseimbangan hormon? Yuk, bahas...

  1. Mudah marah

Ketidakseimbangan hormon secara langsung mempengaruhi kesehatan mental. Akibatnya, wanita kehilangan kendali atas emosinya sehingga sering marah pada hal-hal kecil.

  1. Depresi

Hormon yang tidak seimbang menyebabkan stres. Stres yang terjadi dalam jangka panjang bisa menyebabkan wanita didiagnosa menderita depresi.

  1. Tidak fokus

Bagi mereka yang mengalami ketidakseimbangan hormon, juga dapat mengubah perilaku seseorang. Biasanya salah satunya adalah sering tidak konsentrasi pada pekerjaan dengan benar. Daya konsentrasinya menjadi menurun.

  1. Hot flashes 

Hot flashes adalah gejala menopause yang ditandai dengan rasa panas di tubuh selama 2 sampai 30 menit. Wajah menjadi merah dan panas jika disentuh. Ini diakibatkan perubahan hormon, sehingga pembuluh darah melebar serta denyut jantung meningkat.

  1. Insomnia

Hormon progesteron yang dilepaskan oleh ovarium, biasanya bisa menimbulkan kantuk. Tapi ketika kadar hormon ini lebih rendah dari biasanya, maka akan mengalami kesulitan tidur.

  1. Ceroboh dan pelupa

Ketika mengalami gangguan hormon, memori aktif di otak akan gagal. Sehingga seseorang menjadi pelupa dan ceroboh. 

  1. Berkeringat

Hormon berperan untuk membuat tubuh merasa sangat panas. Ketika hormon mulai berubah, maka akan berkeringat lebih banyak dan merasa lelah. 

  1. Rambut rontok

Salah satu terjadinya pertumbuhan rambut disebabkan oleh hormon. Ketika kadar hormon tinggi, pertumbuhan rambut akan cepat dan tebal. Tapi jika hormon tidak seimbang, memungkinkan rambut mengalami kerontokan.

  1. Infertilitas 

Infertilitas bisa menyebabkan beberapa tanda masalah hormon. Kondisi ini ditandai dengan tingkat hormon yang terlalu tinggi atau rendah sehingga mempengaruhi kesuburan seseorang.