TREIndonesia

Inilah Alasan Kenapa Musik Menjadi Salah Satu Terapi Menyehatkan Kesehatan

11 April 2021

Selama ini musik berfungsi sebagai sarana hiburan. Tapi apakah bisa sebagai sarana terapi menyehatkan? Yuk, temukan alasannya...

Jarang terdengar bahwa musik bisa sebagai terapi untuk kesehatan seperti meredakan stres. Sebuah penelitian dari Frontiers of Psychology, terapi musik dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi stres dan trauma. 

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap anak berusia 8-11 tahun yang selamat dari bencana alam. Hasilnya, cukup mengesankan. Hampir semua anak tersebut berhasil mengekspresikan perasaannya mengenai kejadian tersebut dan mampu mengelola trauma mereka. 

Bagaimana bisa terjadi?

Musik diketahui dapat menstimulasi otak untuk lebih rileks. Jadi, banyak orang yang memilih musik sebagai wadah untuk menuangkan stres dan penat. Inilah faktanya:

  1. Mempengaruhi gelombang otak

Para peneliti telah menemukan bahwa setiap nada di dalam suatu lagu juga dapat menstimulasi gelombang otak manusia. Semakin cepat irama lagu yang didengar oleh seseorang, maka seseorang pun akan semakin bersemangat dan siaga. Semakin lambat irama lagu yang seseorang dengar, maka seseorang pun akan merasa lebih rileks dan tenang.

  1. Menstimulasi Saraf 

Setiap jenis musik berbicara pada seseorang dengan cara yang berbeda-beda. Berbagai penelitian menemukan bahwa musik klasik dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman dan rileks. 

  1. Membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan

Terapi musik ternyata juga dapat membantu penderita autisme, demensia, dan bahkan membantu perkembangan bayi. Selain itu, musik juga dapat membantu seseorang mengatasi insomnia atau depresi.

  1. Membuat merasa lebih rileks

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa musik yang berasal dari kebudayaan tempat asal seseorang merupakan terapi yang paling efektif untuk menyembuhkan dan menenangkan. Mendengarkan musik dapat membuat seseorang merasa lebih tenang dan rileks.

  1. Membantu melepaskan emosi tersembunyi

Para ahli terapis sekarang ini banyak menggunakan musik untuk menemukan berbagai emosi atau perasaan yang tersembunyi, yang bahkan tidak disadari oleh pasien. Hal ini terutama sangat berguna untuk menemukan penyebab terjadinya depresi, gangguan cemas, atau penyebab trauma.

  1. Musik berhubungan dengan mood

Musik dapat membantu mengubah mood seseorang menjadi lebih baik dan musik yang didengarkan pun juga tergantung pada mood seseorang.