TREIndonesia

Inilah Hormon yang Dapat Mempengaruhi Suasana Hati

28 November 2020

Hormon turut memainkan peran terhadap suasana hati. Jika keseimbangannya terganggu, maka bisa berpotensi menyebabkan masalah.

Hormon adalah zat kimia pada tubuh, bagian dari sistem endokrin yang mempengaruhi kebanyakan sistem utama dan proses dalam tubuh. Hormon memainkan banyak peran penting dalam tubuh yang berperan dalam berbagai hal.

Zat ini sangat berpengaruh bagi fungsi tubuh, sedikit saja jumlah hormon berubah maka akan mempengaruhi suatu fungsi tubuh tertentu bahkan kesehatan. Maka, penting untuk menjaga keseimbangan jumlah hormon bagi pikiran dan tubuh agar tidak mengalami berbagai gangguan kesehatan maupun psikologis, seperti perubahan hormon yang dapat mempengaruhi suasana hati.

Apa saja hormon yang mempengaruhi suasana hati?

1. Hormon serotonin

Serotonin adalah hormon yang berfungsi sebagai penghantar pesan (neurotransmitter) dari satu bagian otak ke bagian otak yang lain yang berperan aktif dalam perihal mood, siklus tidur, nafsu makan, pencernaan, daya ingat, dsb. Untuk meningkatkan kadar serotonin adalah berjemur dibawah sinar matahari, konsumsi makanan sehat, seperti susu dan jagung, olahraga ringan dan memikirkan hal-hal bahagia.

2. Hormon Dopamin

Dopamin adalah hormon kesenangan atau kenikmatan yang dilepaskan ketika kita mencapai suatu tujuan, seperti termotivasi. Selain itu, juga berkontribusi dalam penalaran, daya ingat, serta fungsi sistem motorik. Untuk meningkatkan kadar dopamin adalah dengan berolahraga dan makan makanan yang kaya protein.

3. Hormon endorfin

Endorfin dikenal sebagai pereda nyeri dan juga hormon kebahagiaan yang berperan dalam meredakan gejala depresi, stres, dan kecemasan, mengurangi berat badan, dsb.  Untuk meningkatkan tingkat kadar endorfin adalah berolahraga dan makan makanan pedas.

4. Hormon oksitosin

Oksitosin atau hormon cinta yang dapat meningkatkan perasaan cinta dan kepercayaan terhadap seseorang. Untuk meningkatkan kadar oksitosin adalah dengan pijat dan tunjukkan rasa sayang ke orang yang disayangi.

5. Hormon noradrenaline

Noradrenaline, berfungsi untuk memotivasi otak dan tubuh untuk bertindak dan dapat meningkatkan gairah dan kewaspadaan serta membantu seseorang lebih fokus. Untuk meningkatkan kadar noradrenaline adalah berolahraga ekstrim, menonton film horor dan bermain games.

6. Hormon GABA (Gamma Amino Butyric Acid)

Hormon ini berfungsi sebagai mengurangi rasa grogi pada seseorang, membuat lebih tenang dan rileks. Untuk meningkatkan kadar hormon GABA adalah latihan relaksasi dan makan makanan yang kaya akan asam glutamat.