TREIndonesia

Inilah Manfaat Menerapkan Berpikir Positif

23 April 2021

Berpikir positif akan mendatangkan banyak kebaikan untuk kesehatan fisik dan mental. Apa saja manfaatnya?

Cara untuk tetap optimis dan bisa menghadapi berbagai situasi dengan baik, salah satunya dengan berpikir positif. Kemampuan untuk selalu berpikir positif terkadang memang tidaklah mudah. Namun hal tersebut perlu kesadaran dari dalam diri, pandangan yang luas dalam menilai lingkungan dan berpikir lebih memahami situasi. 

Kita tahu, berpikir positif jauh lebih bermanfaat daripada terus-menerus menerapkan pola pikir negatif. Setiap bagian dalam tubuh saling berkaitan dan memberikan pengaruh satu dengan yang lain. Misalnya kaitan antara kondisi pikiran dengan kesehatan fisik. 

Beberapa studi menyatakan bahwa kepribadian pesimis dan optimis dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan dalam berbagai aspek. Dengan begitu, pentingnya menjaga kesehatan mental dan tubuh. Berbagai manfaat berpikir positif, mulai dari mengatasi stres sampai meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat Berpikir Positif

1. Melepaskan stress

Hasil riset menunjukkan bahwa ketika seseorang bersikap optimis dan mempertahankan berpikir positif dalam menghadapi keadaan yang mengecewakan, mereka cenderung lebih fokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk menyelesaikan situasi tersebut. 

2. Memerangi depresi

Dengan cara berpikir positif, kita akan dapat memerangi depresi. Terapi kognitif yang mengubah pola berpikir dapat meningkatkan perasaan seseorang, dan juga menjadi bagian utama dari pengobatan depresi.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti menemukan bahwa pikiran positif dapat memberikan pengaruh kuat pada tubuh. Di mana sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan semakin kuat ketika orang mempunyai pikiran positif di segala situasi.

4. Meningkatkan kesehatan fisik

Banyak ahli percaya bahwa, orang yang memiliki pikiran positif tentu akan menjalani gaya hidup lebih sehat dibanding orang yang terus mempertahankan emosi negatif. Bukan itu saja, orang yang berpikir positif juga akan mengatasi kondisi stres lebih baik dan menghindari perilaku yang tidak sehat.

5. Memberi manfaat untuk kesehatan mental

Tak hanya itu, berpikir positif juga memberi manfaat lainnya untuk kesehatan mental, seperti:

  • Dapat menjaga suasana hati menjadi lebih baik

  • Memiliki kreativitas lebih

  • Memiliki keterampilan memecahkan masalah

  • Memiliki pemikiran yang lebih jernih dan fokus