TREIndonesia

Interaksi Sosial yang Sehat, Baik Untuk Kesehatan

10 April 2021

Berteman dan interaksi sosial dengan orang lain merupakan salah satu cara untuk bisa merilekskan diri sejenak dengan bersenda gurau dan saling bertukar cerita. 

Selain membangun kehidupan dengan menambah kenalan, interaksi sosial secara langsung terutama penting dalam menjaga kesehatan mental karena penelitian membuktikan bahwa merasa kesepian akan meningkatkan risiko kematian.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Human Communication Research menemukan, bahwa terlepas dari kebutuhan setiap orang menjalin hubungan sosial yang baik, setiap orang juga harus menemukan kedamaian dan kepuasan dalam kegiatan menyendiri.

Studi ini menunjukkan bahwa kehidupan sosial seseorang, nyatanya bisa mempengaruhi kesehatan kita, karena memiliki potensi yang besar untuk membantu mengembangkan kebiasaan baru yang sehat. 

Hubungan antara dukungan sosial dan kesehatan bisa dilihat sebagai: 

  • Hubungan langsung, orang yang mendapatkan dukungan sosial akan lebih dapat menjaga kesehatan.

  • Dukungan sosial melindungi diri seseorang hanya saat ia mengalami stress, sehingga tidak memiliki efek jika tidak ada stress yang terjadi.

Manfaat sosialisasi bagi kesehatan, antara lain memberi dampak positif pada fungsi otak, bangun pola hidup lebih sehat, mengurangi stres, dan menjaga kesehatan mental. Jadi, interaksi sosial memang penting, tetapi jangan lupa untuk menyeleksi siapa saja yang bisa masuk ke dalam lingkup pertemanan kamu, karena manfaat sosialisasi juga didasarkan pada kualitas hubungan pertemanan yang baik.