TREIndonesia

Jagalah Kesehatan Otak Dari Sekarang!

13 June 2021

Susah konsentrasi, mudah lupa, atau lambat memahami hal-hal tertentu? Tidak hanya dikarenakan faktor usia. Mungkin kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang berisiko mengganggu kesehatan otak.

Memiliki kebiasaan buruk ternyata dapat mempengaruhi daya ingat dan menurunkan kesehatan otak lho. Apapun yang kita lakukan seperti makan, memikirkan sesuatu, dapat berdampak pada otak.

"Kesehatan otak, seperti halnya bagian tubuh lainnya, secara langsung berkaitan dengan cara kita memperlakukan diri sendiri," kata Dr. Scott Schreiber, dokter rehabilitasi dan nutrisi klinis bersertifikat.

Kesehatan otak sangat penting, namun kita seringkali lebih memperhatikan kesehatan tubuh bagian lainnya. Padahal terdapat koneksi yang kuat antara kesehatan tubuh kita dengan kesehatan otak.

Selain itu, kesehatan otak juga mampu dipengaruhi dan mempengaruhi kehidupan sosial kita. Seperti yang sudah kita ketahui, kehidupan sosial yang buruk dan sering kali membuat kita stres dan malahan memperburuk kondisi tubuh kita.

Melatih otak dengan cara sehat adalah cara menghindari dampak buruknya. Mulai sekarang coba lakukan beberapa hal ini:

1. Rutin berolahraga 

Olahraga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, melawan diabetes, mengurangi stress dan lainnya. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyarankan agar seseorang setidaknya berolahraga selama 150 menit setiap minggu atau lima kali dalam seminggu selama 30 menit. 

2. Kelola stress 

Berhati-hatilah jika kamu sering stres, karena hal ini merupakan salah satu penyebab kerusakan otak yang paling sering terjadi. Tak hanya kesehatan otak, sering stres juga dapat mengganggu kesehatan mental. Coba lakukan latihan self-healing atau relaksasi untuk mengurangi emosi negatif, stres maupun ketegangan otot. 

3. Melakukan berbagai permainan asah otak

Jika ingin menjaga kesehatan otak, lakukan berbagai kegiatan yang melibatkan kemampuan berpikir. Seperti bermain kartu, puzzle, teka-teki silang atau berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan konsentrasi atau keterampilan lainnya.

4. Melakukan interaksi sosial dengan keluarga

Faktanya, bersosialisasi dapat mencegah seseorang merasa depresi dan kesepian, yang mana kedua hal ini bisa memicu penurunan fungsi kognitif otak. 

5. Istirahat atau tidur yang cukup

Otak memerlukan istirahat yang cukup untuk menyimpan serta memproses semua ingatan dan berbagai hal yang sudah dipelajari seharian.  ini dapat terganggu jika kamu tidak tidur dengan baik. 

6. Makan makanan sehat

Otak pun membutuhkan nutrisi dan tentu saja yang namanya nutrisi datang dari makanan yang masuk ke tubuhmu. Beberapa makanan yang memberikan banyak nutrisi, misalnya sayuran, minyak ikan hingga teh hijau, daging yang kaya akan protein juga mampu menyehatkan otak dan memiliki tingkat kewaspadaan lebih tinggi.