TREIndonesia

Jangan Salah, Kebiasaan-kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Pusing

13 February 2021

Pusing bukan sebuah penyakit, melainkan gejala dari berbagai macam faktor. Beberapa kebiasaan bisa menjadi faktor terjadinya pusing. Apa saja?

Pusing dapat mengganggu rutinitas sehari-hari. Terlebih jika kita sedang melakukan aktivitas yang penting dan tidak tertahankan. Gejala sakit kepala seringkali muncul secara berulang dan tiba-tiba, dengan ditandai merasa seperti melayang atau hilang keseimbangan dan kepala terasa berat. 

Mendadak pusing, bisa disebabkan oleh berbagai sumber. Tidak hanya karena stres, baru merasakan pusing. Dan jangan salah, bisa jadi kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan justru menjadi faktor penyebab kepala sering pusing. 

Apa saja kebiasaan yang menyebabkan pusing? 

1. Pola tidur yang tidak teratur

Kurang tidur juga bisa menurunkan ambang batas rasa sakit dan menstimulasi saraf di batang otak yang menyebabkan kepala pusing. "Pola tidur yang tidak normal atau kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan sakit kepala,” ujar dr. Daniel Frans, ahli saraf di Providence Saint John’s Health Center.

2. Postur tubuh yang buruk (membungkuk) 

Saat seseorang membungkuk bikin otot-otot di belakang leher yang berinteraksi dengan saraf tulang belakang jadi terbebani. Jadi, otot leher menjadi tegang dan memicu pusing. 

3. Kerap menunda makan

Sering menunda makan maka tekanan darahmu bakal menurun drastis dan membuatmu pusing. Tidak mengatur asupan nutrisi dan melewatkan waktu makan berpotensi menimbulkan kepala sering pusing. 

4. Kurang minum air putih 

Dehidrasi atau kurang minum air mampu membuat otak berkontraksi atau ‘mengkerut’ karena kekurangan cairan. Hal ini menyebabkan pusing. 

5. Bermain gadget sambil tiduran di ruangan gelap

Alih-alih mengantuk yang ada justru kita melewatkan malam dengan begadang. Paparan sinar biru yang keluar dari gadget sangat mempengaruhi produksi hormon melatonin dalam tubuh, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur dan menurunkan suhu tubuh. Kebiasaan inilah yang tak hanya membuat mata menjadi stress tetapi juga membuat seseorang sering mengalami pusing secara mendadak.