TREIndonesia

Jangan Sepelekan Sering Sendawa! Bisa jadi ini penyebabnya…

25 February 2021

Sendawa terus-menerus? Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terlihat jika kamu sering bersendawa. Apa saja?

Biasanya setelah selesai makan, hampir setiap orang akan bersendawa. Mungkin ini hal yang lumrah terjadi dan cara tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih secara alami. Namun, berbeda halnya dengan sendawa yang terus-menerus. 

Kenapa bisa begitu?

Sebab, bertumpuknya gas di dalam tubuh atau perut bisa menyebabkan gejala kembung dan nyeri pada area perut. Munculnya gas di dalam perut bisa terjadi karena kebiasaan berbicara sambil makan, makan terlalu cepat, atau sehingga udara (nitrogen dan oksigen) yang tertelan bersamaan dengan masuknya makanan atau minuman. 

Kebiasaan lainnya juga bisa seperti mengkonsumsi minuman bersoda, merokok, mengunyah permen karet hingga merasa cemas. Kondisi sendawa yang sering, juga bisa menandakan adanya gangguan kesehatan. Paul Berggreen, MD, pakar gastroenterologi dari Arizona Digestive Health, menyebut sendawa atau dalam bahasa medis disebut eruktasi, merupakan tandanya adanya gas di usus.

Untuk mengetahui apa penyebabnya, berikut ini beberapa penyebab sering sendawa karena:

  1. GERD (naiknya asam lambung ke kerongkongan)

Kondisi ini menyebabkan luka di kerongkongan, yang dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan kanker kerongkongan. Selain menyebabkan sakit dada, mengi, nyeri ulu hati, mulut terasa asam dan pahit di lidah, kesulitan menelan, bau napas tidak sedap, serta GERD juga dapat ditandai dengan kembung dan sendawa terus-menerus.

  1. Sindrom iritasi usus

Penyakit ini terjadi karena adanya iritasi bersifat umum pada usus besar. Selain sendawa berlebihan, penyakit ini juga seringnya ditandai dengan gejala, seperti kram perut, nyeri perut, kembung, dan perubahan pola buang air besar (diare atau konstipasi).

  1. Sinus

"Saat sinus kambuh, Anda jadi sulit bernapas dan cenderung bernapas lewat mulut. Nah, ini membuat tubuh menelan udara lebih banyak," ujar Paul. 

  1. Maag (radang lambung)

Terjadinya peningkatan jumlah asam lambung di perut, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti sakit, mulas, perih dan bisa memicu terjadinya sendawa terus-menerus, bahkan disertai mual dan muntah.

Untuk mencegah sendawa dan membantu meredakan sendawa, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

  • Makan dan minum secara perlahan

  • Hindari bicara sambil mengunyah permen karet

  • Jangan minum menggunakan sedotan

  • Berhenti merokok

  • Hindari stres berlebihan

  • Hindari minuman bersoda dan alkohol 

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menghasilkan gas, seperti brokoli, kol, kacang-kacangan, dan produk olahan susu

  • Olahraga ringan, misalnya berjalan kaki