TREIndonesia

Jenuh Hingga Stres Selama WFH? Coba Lakukan Tips Ini….

15 January 2021

Stres dan kejenuhan yang muncul ketika terlalu lama bekerja di rumah saat WFH dapat dihilangkan dan dicegah dengan sejumlah cara. Yuk, simak...

Work from home (WFH) menjadi salah satu pilihan selama pandemi ini bagi sebagian besar orang. Hal ini bisa menguntungkan, terlebih bagi orang-orang yang harus menempuh jarak yang jauh, memiliki waktu bekerja lebih fleksibel dan lainnya. Namun terlalu lama menjalankan WFH, yang semula dirasa menyenangkan berubah menjadi bosan, jenuh, cemas hingga mengalami stres.

Menurut sebuah laporan yang dibuat oleh European Foundation for the Improvement of Living and Working Condition, 41% pegawai yang kerja di rumah memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibanding 25% pegawai yang bekerja di kantor.

Sejumlah keluhan mengenai kecemasan dan rasa tidak nyaman hingga stres, kerap ditemukan di berbagai media sosial dan lingkungan sekitar kita. Sebagian gejala lain juga dapat muncul sebagai tanda bahwa tubuh sudah lelah, butuh penyegaran dan terlalu dipaksa. Efeknya, dapat merambat ke masalah kesehatan seperti insomnia, obesitas, dan penurunan kesehatan mental.

Seorang psikolog, Doreen Marshall mengatakan perubahan suasana hati dan pikiran itu lumrah adanya. 

"Kita menghadapi kondisi baru yang serba tidak pasti, wajar jika orang-orang lebih rentan mengalami stres, kecemasan, bahkan depresi. Kecemasan yang kita alami terutama dalam masa pandemi ini, membuat kita tidak berdaya dan tidak yakin tentang apa yang akan terjadi atau apa yang dapat kita lakukan."

Jika mulai merasa stres dan tidak nyaman karena WFH, yuk bikin harimu jadi lebih relax dengan beberapa tips dibawah ini:

  1. Ciptakan tempat kerja yang nyaman di rumah

  2. Buat jadwal rutin harian

  3. Tegas dalam manajemen waktu

  4. Luangkan waktu istirahat

  5. Pastikan tubuh tetap aktif bergerak

  6. Hindari mengisolasi diri dan rutin berinteraksi dengan rekan kerja, teman atau siapapun melalui media sosial (grup chat, video call, dll)

  7. Gunakan waktu akhir pekan untuk 'me time'

  8. Jaga stamina dengan konsumsi vitamin atau suplemen

  9. Tetap semangat dengan memberi hadiah kepada diri sendiri

  10. Olahraga atau relaksasi untuk membantu pikiran dan tubuh jadi lebih rileks dan fresh.