TREIndonesia

Kebiasaan Bangun Tidur Langsung Berdiri  yang Dapat Memicu Vertigo

22 December 2020

Bangun tidur langsung berdiri, mungkin pernah dialami oleh beberapa orang. Bisa dikarenakan terlambat kerja atau ada hal lainnya. Lalu, pernahkah kamu merasa pusing atau merasa goyah hingga terjatuh saat beranjak dari tempat tidur? 

Keluhan pusing akan bisa muncul secara perlahan-lahan atau tiba-tiba. Dan gejalanya, ada yang berlangsung singkat dan mereda dengan sendirinya dalam beberapa menit. Namun, ada juga yang merasa pusing saat baru bangun tidur bisa berlangsung hingga beberapa jam. 

Tentunya, itu semua bisa membuat mood menjadi buruk atau tidak semangat menjalani aktivitas kembali. Meski begitu, perlu untuk berhati-hati dengan kebiasaan ini karena sedikit banyak dapat memicu vertigo. Vertigo biasanya disebabkan oleh kelainan di telinga bagian dalam atau bagian otak yang mengatur koordinasi dan keseimbangan tubuh.

Apa yang menyebabkan vertigo bisa muncul?

Awalnya posisi tidur adalah posisi ketika seluruh tubuh terasa rileks.  Jika menggerakkannya secara mendadak atau tiba-tiba, akan terjadi kekakuan pada otot tangan dan kaki. Dan mengagetkan proses pengaturan aliran darah dalam tubuh atau aliran darah menuju otak, sehingga kepala terasa pusing berputar-putar. 

Rasa pusing ini bisa terjadi kapan saja dan mendadak, misalnya ketika mengubah posisi kepala dari berbaring ke posisi duduk atau berdiri, seperti saat bangun tidur. Untuk itu, biasakan melakukan sedikit peregangan tubuh yang ringan saat bangun tidur untuk melemaskan otot-otot. Disarankan, kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup dan dengan penerangan yang sewajarnya. 

Kemudian saat terbangun, kamu perlahan-lahan membuka mata, terus berdiam selama lima menit dan lakukan peregangan badan. Selain itu, kamu juga bisa meredakan gejala pusing dengan:

  • Melakukan relaksasi, 

  • Mengkonsumsi minuman hangat seperti jahe, 

  • Hindari gerakan yang tiba-tiba saat bangun dari tidur ke duduk atau berdiri.