TREIndonesia

Kebiasaan Duduk Membungkuk Dapat Berakibat pada Gangguan Pencernaan

19 March 2021

Postur adalah posisi dimana tubuh kita menahan tubuh kita sendiri ketika duduk, berbaring, berdiri, berjalan dan lain-lain. Jika postur tubuh kita salah saja, akan berakibat pada organ lain salah satunya saluran pencernaan.

Apapun kesibukan yang harus kita jalani, menjaga postur tubuh sangatlah penting. Memiliki bentuk postur tubuh yang baik, tidak hanya meningkatkan penampilan, tapi juga memberikan efek positif terhadap kesehatan.

Namun sebaliknya, postur tubuh yang buruk akan memberikan kontribusi negatif bagi kesehatan kita. Postur tubuh turut dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, seperti melakukan pekerjaan di depan monitor seharian. 

Pada dasarnya, tubuh manusia dirancang untuk bergerak, bukan untuk duduk di kursi dalam waktu yang lama, bermain gadget dengan posisi yang salah hingga dapat membuat tubuh membungkuk.

Perlu diwaspadai, meluruskan tulang menjadi normal tidak semudah mencatok rambut. Tak hanya masalah makanan, postur tubuh membungkuk juga dapat mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan. 

Bagaimana bisa membungkuk dapat menyebabkan gangguan pencernaan?

Mempertahankan posisi duduk bungkuk dalam waktu lama, membuat organ pencernaan menjadi tersumbat, sehingga mengurangi efisiensi dan fungsi normal pencernaan. Karena pencernaan bekerja dengan lambat, hal ini dapat memicu sembelit dan ketidaknyamanan. 

"Membungkuk memberikan tekanan pada perut, yang dapat memaksa asam lambung keluar kembali ke kerongkongan" jelas Dr. Kyle Staller, ahli gastroenterologi di RS Massachusetts Harvard.

Dan juga dapat menyebabkan masalah pernapasan, sesak di dada, dan tekanan darah tinggi. Pada akhirnya, bisa memicu gangguan tidur, kelelahan berkepanjangan hingga stres dan depresi karena kondisi tubuh yang tidak nyaman. 

Penelitian menunjukkan bahwa postur tubuh yang baik, meningkatkan kepercayaan diri, mengurangi stres, dan meningkatkan stamina. Jadi, dengan berjalan dan duduk tegak, juga dapat meningkatkan suasana hati. 

Untuk itu perlu memperbaiki postur tubuh, dengan beristirahat teratur, mengkonsumsi makanan sehat, mengatur posisi meja dan kursi, olahraga dan latihan peregangan, seperti:

  • Duduklah di kursi atau bola elastis dengan kaki terbuka selebar pinggul dan tangan di samping

  • Buang nafas saat kamu mengangkat lutut kanan dan tangan kiri lurus ke arah langit-langit. 

  • Kembali ke posisi awal. Kemudian mengangkat lutut kiri dan tangan kanan. 

  • Ulangi 10 kali