TREIndonesia

Kebiasaan-kebiasaan yang Dapat Membahayakan Kesehatan

20 January 2021

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan tapi masih sering dilakukan. Apa saja?

Banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan dan hampir tidak terlewat mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Aktivitas tersebut bisa dikatakan sebagai rutinitas harian. Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, tanpa disadari kita mungkin pernah melakukan beberapa kebiasaan buruk. Dan kebiasaan tersebut bisa menjadi hal yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Simak berikut ini...

1. Duduk terlalu lama

Menghabiskan terlalu banyak duduk di kursi mungkin akan memperburuk kesehatan fisik. Sebab duduk tidak akan menyebabkan adanya aktivitas atau gerak yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak. Duduk dalam waktu yang lama telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung, obesitas, kanker, kadar kolesterol abnormal, dll. 

2. Telat Makan

Menunda waktu makan akan menyebabkan asam lambung kamu naik serta dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes. Kamu juga akan merasa lebih lapar di waktu setelahnya yang mengakibatkan porsi makan bertambah. 

3. Menahan amarah

Ketika kita marah, lebih baik untuk melampiaskannya dengan cara yang tepat. Jika dipendam, bisa mengakibatkan stres dan dapat membahayakan kesehatan. Seorang profesor di Harvard School of Public Health, Laura Kubzansky menyatakan bahwa mereka yang membangun emosi mereka dan mengalami ledakan kemarahan yang tiba-tiba jauh lebih rentan terhadap penyakit jantung.

4. Menggunakan komputer terus-menerus

Bekerja di depan komputer terus-menerus selama lebih dari 6 jam sehari dapat menyebabkan kerusakan mata, serta memicu faktor lain seperti stres dan tekanan darah tinggi.

5. Bermain ponsel sebelum tidur

Cahaya yang dihasilkan ponsel memiliki panjang gelombang antara 450-495 nanometer yang menyebabkan otak berpikir cepat. Alhasil dengan bermain ponsel sebelum tidur, otak akan terus bekerja saat kita memejamkan mata, membuat tidur tidak nyenyak dan tubuh rentan terserang penyakit.

6. Sering menggunakan earphone atau headset

Para ahli memperingatkan bahwa mencolokkan earphone selama beberapa jam dapat menyebabkan gangguan pendengaran dalam jangka panjang, lebih berbahaya bagi orang yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik dengan volume tinggi melebihi 90 desibel. Dan dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri berbahaya, jika kamu berbagi earphone dengan orang lain, membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi telinga.

Jadi, inilah kebiasaan yang terkadang kita lakukan tanpa menyadari dampaknya bagi kesehatan. Untuk itu, cobalah mengurangi kebiasaan tersebut. Menurut Laura Kubzansky, seorang profesor di Harvard School of Public Health, mengungkapkan seseorang yang mempunyai sifat optimistis akan lebih mudah untuk melakukan kebiasaan hidup sehat seperti berolahraga, mengatur pola makan, dan istirahat cukup.