TREIndonesia

Kerokan Bisa Mengusir Masuk Angin?

23 October 2020

Untuk menyembuhkan gejala masuk angin, sebagian orang mengambil langkah pengobatan dengan kerokan. Ketahui apa yang perlu diperhatikan ketika kerokan.

Biasanya, alternatif yang banyak dilakukan ketika masuk angin adalah dengan kerokan. Yang konon katanya bisa sebagai cara yang mujarab untuk menyembuhkan masuk angin dibandingkan minum obat. Tapi, benarkah menyembuhkan masuk angin? Yuk simak...

Dari sisi medis, kerokan memang dapat memberi dampak baik bagi kesehatan. Ketika koin digosok pada kulit dapat membuat suhu tubuh meningkat dan juga mengakibatkan pembuluh darah dalam tubuh melebar.

Hal ini akan memperlancar peredaran darah pada tubuh, atau dikenal istilah oksigenasi. Peredaran darah yang lancar akan meredakan dan meringankan rasa sakit pada tubuh. Namun, kerokan tidak benar-benar menyembuhkan masuk angin atau penyakit lainnya, melainkan hanya mengurangi gejala dari masuk angin. Praktisi kesehatan dr Dewi Ema Anindia, mengatakan:

"Gerakan kerokan menimbulkan peradangan lokal yang memicu pelebaran pembuluh darah dan memicu keluarnya morfin alami dari dalam tubuh yang dinamakan endorfin. Endorfin ini lah yang menimbulkan relaksasi pada tubuh dan relaksasi otot."

Perlu juga berhati-hati bagi orang yang gemar kerokan karena menyebabkan pori-pori terbuka dan rentan dimasuki oleh bakteri dan virus. Ketika mengalami gejala masuk angin, sebaiknya atasi dengan cara yang tepat dan usahakan jangan terlalu sering kerokan. 

Supaya tidak merambat ke kondisi serius, kamu bisa mencoba beberapa cara mengobati masuk angin berikut ini:

- Mengkonsumsi seduhan rempahan, seperti jahe dan kayu manis

- Maksimalkan waktu istirahat

- Penuhi asupan cairan tubuh

- Konsumsi makanan bergizi

- Buat suhu kamar tetap hangat

- Pijat dengan minyak hangat

- Mengkonsumsi vitamin C

- Rutin olahraga