TREIndonesia

KESELARASAN adalah KUNCI Posisi Tidur yang Baik Untuk Kesehatan

29 October 2020

Posisi tidur dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dari istirahat. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa posisi yang baik untuk diterapkan setiap tidur guna menjaga kesehatan tubuh.

Tidur adalah salah satu kebutuhan penting bagi hidup kita. Jika mengalami masalah tidur, dapat mempengaruhi kualitas tidur kita yang kurang baik. Salah satunya, posisi tidur juga memainkan peran besar dalam kualitas tidur kita, yang berarti mungkin sudah waktunya bagi kita untuk mengubahnya.

Posisi tidur yang berbeda memiliki manfaat yang berbeda pula. Jika kita merasakan sakit atau masalah kesehatan lainnya, mungkin perlu mengubah posisi tidur untuk membantu dalam mengelolanya. Dan, meskipun itu mungkin bukan sesuatu yang dapat kita lakukan dalam satu malam, tetapi perlu untuk dicoba

Para peneliti bahkan menjelaskan, kurangnya frekuensi tidur seseorang bisa membuat kualitas tidur menjadi buruk dan emosi menjadi kurang stabil. Jika kamu tidur dengan posisi yang tepat dan nyaman, kamu akan terbangun dalam keadaan segar.

Berikut, tips posisi tidur yang baik untuk kesehatan: 

1. Terlentang, bisa dengan menempatkan bantal di bawah lutut untuk mengurangi nyeri punggung dan mengurangi tekanan pada tulang belakang.

2. Tidur tengkurap, cobalah tidur dengan bantal kepala yang tipis atau tanpa bantal untuk mengurangi sakit pada leher dan menyelipkan bantal di bawah panggul dan perut bagian bawah untuk mengurangi nyeri punggung bawah.

3. Tidur menyamping, pastikan memilih bantal yang bagus untuk menghindari sakit leher dan punggung dan bisa beralih juga ke posisi lain.

4. Tidur meringkuk, ada baiknya postur tubuh relatif longgar dan tidur dengan bantal di antara kedua lutut agar tidak mengganggu pernapasan dan masalah nyeri sendi atau kekakuan.

Jadi, inilah posisi tidur yang baik, ingat: kuncinya adalah KESELARASAN. Selain itu, cobalah melakukan kebiasaan tidur yang baik termasuk kebersihan tempat tidur, berolahraga teratur, dan buat jadwal malam yang dapat membantu kamu rileks dan siap untuk tidur. Namun, jika kita tidak mengalami masalah apapun, tak perlu mengubah posisi tidur. Hal terpenting adalah memastikan kita bangun dengan perasaan segar dan bersemangat.