TREIndonesia

Ketahui, Penyebab Pusing Setelah Bangun dari Tidur Siang dan Cara Mengatasinya

24 April 2021

Bukannya menjadi segar dan bersemangat, mungkin pernah mengeluh pusing saat bangun tidur bahkan merasa goyah. Yuk, cari tahu alasan dan cara mengatasinya...

Pusing ketika baru bangun dari tidur siang bisa muncul secara perlahan atau tiba-tiba. Padahal, banyak orang memanfaatkan tidur siang karena kurangnya waktu tidur pada malam hari guna untuk dapat membuat tubuh bertenaga dan rileks.  Ini malah sebaliknya. 

Menurut National Sleep Foundation, orang-orang yang memiliki gangguan tidur mengalami sakit kepala dua hingga 8 kali lebih sering daripada populasi umum. Sering ada alasan yang mendasari pusing sehabis bangun dari tidur siang. Untuk itu, perlu mengetahui terlebih dahulu apa-apa saja yang menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur.

Berikut beberapa alasannya:

1. Masalah pernapasan dan mendengkur

Mendengkur bisa menjadi tanda masalah pernapasan. Tidak bernafas dengan benar dapat mengganggu tidur serta meningkatkan risiko sakit kepala atau pusing setelah bangun tidur.

2. Menggeretakkan gigi (bruxism) 

Kondisi inilah, kadang kita tidak menyadari dan dapat menyebabkan pusing saat terbangun. Hubungan antara bruxism dengan pusing saat bangun tidur adalah otot-otot mulut yang terus menegang selama tidur dan membuat pusing saat bangun.

3. Posisi kepala atau bantal yang tidak nyaman

Salah menempatkan bantal saat tidur siang membuat kepala dan leher berada dalam posisi yang tidak nyaman. Hal ini yang dapat menyebabkan otot tegang hingga membuat pusing. 

4. Kehamilan

Banyak perempuan hamil yang merasakan pusing saat bangun tidur siang. Hal ini bisa dikarenakan oleh berbagai faktor, seperti: dehidrasi, gula darah yang terlalu rendah dan pengaruh hormon.

Adapun yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, sebagai berikut:

  1. Tidur malam yang cukup (7-8 jam) 

  2. Kurangi konsumsi kafein, seperti kopi

  3. Minum air putih yang cukup karena tubuh mengalami dehidrasi.

  4. Tidur siang secukupnya (20-30 menit) 

  5. Konsumsi air jahe, untuk meredakan pusing dan membantu menghilangkan peradangan pembuluh darah di kepala.

  6. Latihan relaksasi, yang dapat membuat tubuh lebih rileks dan tenang.