TREIndonesia

Ketika Stres Menyerang, Eksim pun Bisa Muncul

07 December 2020

Rasa gatal yang muncul diiringi dengan kulit menjadi agak kering dan teriritasi hingga mengeluarkan cairan bening ketika tergores? Ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang mengalami eksim.

Eksim adalah proses peradangan pada lapisan kulit bagian atas yang menyebabkan kerusakan kulit yang biasanya kambuh-kambuhan. Eksim membuat seseorang semakin tidak nyaman dan mengganggu karena biasanya muncul pada area seperti lipatan tangan, kaki, belakang leher, punggung tangan, punggung kaki, dan pergelangan tangan. 

Menurut penelitian, penyebab eksim belum diketahui tapi eksim memiliki respons imunitas sirkuit pendek. Dimana, kulit bereaksi dengan tidak normal saat kulit mengalami kontak dengan suatu unsur. Dan eksim juga bisa muncul akibat faktor dari dalam tubuh. Salah satunya adalah stres. 

Ahli dermatologi di New York, AS, Dr.Whitney Bowe menyebutkan, stres dapat membuat reaksi negatif di kulit, mulai dari kulit kusam dan kering, jerawat, bahkan dermatitis atopik (eksim).

Menurut Dr.Whitney, kulit, pikiran, dan organ pencernaan sangat berkaitan. Ketika pikiran kita menghadapi stres, akan terjadi perlambatan pencernaan di usus. Saat kerja pencernaan melambat akibat stres, keseimbangan bakteri juga bisa terganggu. 

Kondisi ini lah yang bisa memicu peradangan (inflamasi). Akibatnya, kulit menjadi berjerawat atau mengalami eksim, bahkan psoriasis. Kita tahu bahwa saat stres, tubuh menginduksi "respons stres". 

Bagian dari respons ini adalah aktivitas yang disebut poros HPA, jaringan yang melibatkan hipotalamus, kelenjar hipofisis, dan kelenjar adrenal, yang menghasilkan hormon. Sumbu HPA pun meningkatkan jumlah kortisol untuk beredar di dalam tubuh. 

Kortisol adalah agen pengatur sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan dalam berbagai jenis respons imun tubuh. Dan akhirnya menghasilkan peningkatan molekul pensinyalan sel yang dapat memicu peradangan.

Bagaimana mengatasi eksim?

Dalam mengatasi eksim, kuncinya adalah kelola stres. Ini cara terbaik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Yuk, simak cara meredakan stres:

- Istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas.

- Latihan relaksasi untuk membantu meriliskan emosi negatif, stres atau tekanan dan ketegangan tubuh agar tubuh lebih rileks dan tenang.

- Olahraga teratur.

- Konsumsi makanan bergizi seimbang.