TREIndonesia

Kiat Tetap Produktif dan Efektif Bekerja di Rumah

18 February 2021

Beberapa di antara kita banyak beranggapan bahwa tanpa sebuah produktivitas, kerja dan usaha selama ini, tidak terlalu mempunyai banyak manfaat. Makanya perlu sekali kiat agar tetap produktif.

Work from Home (WFH) memang tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Ini merupakan salah satu langkah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan cara ini, diharapkan mengurangi kontak langsung antara satu dengan yang lain sehingga mengurangi potensi penularan lebih meluas.

Menurut Laura Mae Martin selaku Executive Productivity Advisor Google, saat bekerja dari rumah perlu sekali strategi bijak agar semua pekerjaan bisa diselesaikan dan tetap produktif. Tips agar tetap produktif selama WFH sepertinya memang perlu diketahui bagi para pekerja. 

Berikut beberapa cara atau tips bagi kamu agar tetap produktif saat WFH dan bisa langsung diterapkan:

  1. Memiliki tempat kerja yang nyaman di rumah

Sebaiknya, kamu bekerja menggunakan meja dan kursi. Lebih baik lagi, jika kamu membuat suasana meja kerjamu seperti suasana di kantor. Ini bisa membantu kamu untuk lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

  1. Menetapkan jadwal kerja

Cara menyiasatinya adalah dengan memasang reminder di ponsel yang bisa mengingatkan kamu untuk tetap produktif. Tetaplah disiplin dengan jadwal ini, agar kamu semakin terbiasa dan nyaman bekerja dari rumah.

  1. Buatlah to do list 

Buatlah daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan setiap hari. Hal ini akan memudahkan kamu untuk fokus. 

  1. Mengenakan pakaian yang nyaman

Untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja, usahakan untuk tidak mengenakan baju tidur atau piyama ketika bekerja. Sebab, baju tidur itu sendiri ternyata tidak merangsang otak untuk bekerja, sehingga bisa mempengaruhi produktivitas kamu.

  1. Meluangkan waktu untuk beristirahat 

Setelah menyelesaikan satu target pekerjaan di hari itu, tak ada salahnya kok jika kamu berhenti sejenak untuk menyegarkan pikiran dan tubuh bisa dengan menyeduh teh atau kopi, makan siang, atau tidur siang meskipun hanya 10 sampai 20 menit. 

  1. Melakukan olahraga ringan 

Bekerja dari rumah justru lebih berisiko tubuh tidak banyak bergerak dan mendapatkan olahraga yang cukup. Meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga ringan atau stretching, agar tubuh tetap sehat dan bugar dan membuat aktivitas bekerja di rumah menjadi tetap produktif. 

  1. Jaga asupan makan

Pastikan kamu makan sarapan yang baik sehingga kamu tidak harus berhenti bekerja ketika rasa lapar datang. Jadwalkan istirahat makan siang yang wajar, seperti halnya jam istirahat di kantor.

  1. Berpikir positif 

Tanpa disadari ternyata, bekerja di rumah justru berpotensi untuk mendatangkan tingkat stress yang lebih tinggi. Maka, salah satu kuncinya adalah untuk tetap berpikir positif di berbagai kondisi.