TREIndonesia

Kok Bisa ya, Ide-ide Baru Justru Muncul Saat di Kamar Mandi?

10 January 2021

Biasanya ide cemerlang bisa muncul di saat tak terduga, misalnya ketika sedang berada di kamar mandi. Mengapa demikian?

Terkadang kita kesulitan dan sudah berusaha untuk mencari sebuah ide. Tak jarang, ketika kita berada di dalam kamar mandi, ide-ide baru justru muncul. Kenapa bisa begitu, ya? Dan faktanya, tidak sedikit orang-orang yang mendapat ide briliannya setelah pergi ke kamar mandi. Ada beberapa studi psikologis yang mengungkapkan bahwa 72% orang mendapatkan ide kreatif terbaik di kamar mandi.

"Kami melakukan penelitian multinasional dan menemukan bahwa orang melaporkan lebih banyak inspirasi kreatif di kamar mandi tempat mereka bekerja."

Ide yang muncul saat kita sedang mandi ini berhubungan dengan pikiran kita yang sedang rileks. Ada seorang penyanyi cantik kelahiran Reading, Pennsylvania, Amerika Serikat, 13 Desember 1989, itu mengaku sering mendapatkan inspirasi untuk menciptakan lagu di kamar mandi. Ketika dia sedang berada di dalam toilet di bandara, mall, dan lainnya, sering terlintas notasi indah di kepalanya.

Dalam sebuah peneltian psikologi oleh Scott Barry Kaufman, ia menyimpulkan keadaan santai atau rileks itu dibutuhkan dalam proses berpikir kreatif. Aktivitas yang membuat kita bersantai dan rileks ternyata membuat bagian otak kita yang bernama korteks menjadi semakin bekerja dengan baik. Korteks ini adalah bagian otak yang bertanggung jawab membuat keputusan, tujuan, dan sikap kita.

Kedua kondisi ini menyebabkan otak aktif menggali ide yang tidak terpikirkan dalam kondisi sadar atau berusaha keras mencari ide tersebut. Dalam kondisi berpikir keras untuk memecahkan suatu masalah dengan analisis dan perhatian besar malah akan membuat kontrol korteks prefrontal menjadi aktif.

Selain itu, ini alasannya....

Menurut para ilmuwan, ada dua faktor yang memicu munculnya ide kreatif ketika seseorang sedang berada di dalam kamar kecil. 

1. Hormon. 

Ketika seseorang berada di dalam kamar mandi atau toilet, banyak hormon dopamin yang dilepaskan. Hormon dopamin adalah salah satu zat kimia di otak yang berperan sebagai pengatur emosi. Hormon ini juga merangsang keluarnya kreativitas. Hormon ini dilepaskan ketika seseorang sedang merasa rileks seperti ketika mendengarkan musik, berolahraga, dan mandi.

2. Keadaan tenang.

Dalam hasil penelitian menunjukkan, bahwa mandi atau buang air kecil adalah sebuah aktivitas yang bisa membuat seseorang merasa santai. Dalam keadaan santai ini, otak tidak diisi oleh hal-hal yang serius. Itulah mengapa pikiran menjadi lebih tenang. Dari pikiran yang tenang inilah muncul ide-ide baru.