TREIndonesia

Komunikasi dan Menjadi Pendengar yang Baik, Kunci Kesuksesan Dalam Hubungan

26 March 2021

Menjadi pendengar yang baik, ini adalah salah satu komponen penting dalam hubungan dan sangat diperlukan demi kenyamanan dan kelancaran dalam berkomunikasi.  Bagaimana cara menjadi pendengar yang baik?

Dalam membangun hubungan yang sukses, tentu seseorang harus bisa menjadi pendengar yang baik. Tak hanya itu, menjadi pendengar yang baik membutuhkan energi, waktu, perhatian, dan tanggapan. Faye Doll, dalam tesisnya yang berjudul Partners’ Listening Styles and Relationship Satisfaction: Listening to Understand vs. Listening to Respond mengatakan kalau “mendengarkan” itu terbagi dalam dua jenis. Mendengarkan dengan pengertian dan mendengarkan dengan tanggapan. 

Selain itu, menurut Amie M. Gordon, Ph.D yang merupakan psikolog dari Amerika Serikat, menjadi pendengar yang baik dan responsif adalah inti dari komunikasi dalam hubungan. Menjadi pendengar yang baik juga menunjukkan bahwa seseorang memiliki kepedulian dan mendukung.

Dengan mendengarkan, seseorang akan menjadi sosok yang lebih cerdas karena akan cenderung melihat banyak detail yang lebih jelas. Selain itu, juga akan menjadi seseorang yang cekatan karena dapat mendengarkan instruksi yang ada dengan baik dan tidak perlu mengulang-ulang untuk mendapatkan informasi.

Yuk, simak cara menjadi pendengar yang baik dalam hubungan.....

  • Coba posisikan kita sebagai pasangan atau orang yang bercerita

  • Fokus dan dengarkan makna-makna penting dari isi cerita

  • Perhatikan bahasa tubuhnya, biasanya bahasa tubuh menunjukkan perasaan yang sebetulnya

  • Berikan empati ketika mereka bercerita

  • Jangan membuat penilaian langsung, dan jangan mengelak ketika kamu menjadi masalah dari cerita yang dicurahkan.

  • Tatap mata lawan bicara ketika ia berbicara

  • Akui bahwa kamu mendengarkan, contohnya bisa mengangguk atau sesekali berkata “Oke, aku paham”

  • Sesekali coba ulangi perkataan yang pasangan ucapkan, sambil memberikan komentar netral.