TREIndonesia

Lakukan Hal-hal Ini Agar Cepat Tidur dan Nyenyak

09 March 2021

Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting. Ada segudang manfaat didapat dari tidur yang berkualitas. Bagaimana caranya?

Tidak sedikit diantara kita yang mungkin jarang merasakan tidur yang cepat dan nyenyak. Jika kita kurang tidur, hal ini akan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. 

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memberikan efek negatif terhadap hormon, performa, dan fungsi otak. Kurang tidur juga menyebabkan berat badan bertambah dan meningkatkan risiko penyakit pada orang dewasa dan anak-anak.

Mungkin beberapa cara telah dicoba untuk dapat tidur cepat di malam hari yang dilakukan selama ini dan belum berhasil memejamkan mata. Selain membuat kita merasa lebih baik di keesokan harinya, dengan membiarkan tubuh beristirahat dengan nyenyak juga membantu semua organ tubuh kembali berfungsi dengan baik.

Lantas, apa saja caranya? Simak hal-hal berikut ini.... 

  1. Dapatkan paparan cahaya lebih banyak di siang hari

Tubuh memiliki ritme sirkadian yang mempengaruhi otak, tubuh, dan hormon tetap terjaga dan memberitahu tubuh kapan waktunya tidur. Sinar matahari alami di pagi hari membantu ritme sirkadian tubuh tetap sehat, meningkatkan energi di siang hari, serta kualitas dan durasi tidur dimalam hari.

  1. Atur jadwal jam tidur yang sama setiap malam

Mengatur waktu tidur dengan selalu berada di jam yang sama setiap malam harinya, maka dapat membantu kondisi tubuh agar tertidur lebih cepat sehingga menciptakan kebiasaan jam biologis bagi tubuh atau ritme sirkadian. 

  1. Matikan lampu kamar

Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita.

  1. Mematikan peralatan elektronik 

Cahaya yang dipancarkan dari peralatan elektronik dapat menurunkan produksi hormon melatonin sehingga kualitas tidur kita bisa jadi terganggu dan sulit untuk beristirahat dengan nyaman. 

  1. Jaga suhu kamar tetap dingin

Tidak hanya membuat kita lebih cepat tidur, cara cepat tidur ini juga bisa membuat kita tidur lebih nyenyak. Umumnya, suhu ideal ruangan untuk tidur yang disarankan berada pada kisaran 18-24 derajat Celcius. 

  1. Berolahraga teratur 

Para ahli kesehatan, siapapun dan dimanapun, pasti menganjurkan kita untuk berolahraga rutin. Olahraga secara rutin tidak hanya memiliki efek positif bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Melakukan aktivitas fisik secara rutin diketahui juga dapat memberikan dampak positif pada kualitas tidur sehingga menjadi cara cepat tidur lainnya.