TREIndonesia

Lakukan Tips Ini! Jika Sulit Tidur Karena Banyak Pikiran

23 February 2021

Sebagian orang dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Tapi ada juga yang sulit tidur karena disebabkan oleh berbagai hal. Lalu, bagaimana mengatasinya? Simak penjelasannya...

Kehidupan ini memang tak dapat lepas dari berbagai masalah yang dapat membuat banyak pikiran. Biasanya, kondisi ini dialami oleh orang-orang dengan beragam persoalan, baik di rumah maupun tempat kerja. Tentu saja sulit tidur ini akan berpengaruh pada kondisi kesehatan maupun produktivitas kerja seseorang.

Peneliti di Universitas California, San Diego, Amerika Serikat mengatakan, orang yang sulit tidur tampak berusaha lebih keras untuk fokus dalam sebuah tes ingatan. Hasil pemindaian otak dari penderita insomnia menunjukan, kinerja otak yang ‘berbeda’ dibandingkan dengan orang yang tidur lelap di malam hari.

Saat pikiran belum tenang, jangankan tidur, ngantuk pun tidak. Padahal, tubuh membutuhkan istirahat. Jangan khawatir, coba lakukan beberapa cara ini agar kamu bisa tidur dengan cepat meskipun banyak pikiran:

  1. Tuangkan isi pikiran dalam tulisan ‘brain dump’

Beranjak dari tempat tidur, ambil buku catatan dan tulis apa yang ada dipikiranmu. Marissa Long, psikolog dari California Selatan mengatakan bahwa brain dump itu adalah kegiatan menuangkan isi pikiran lewat tulisan. Sehingga pikiran pun jadi lebih ringan.

 

  1. Membaca buku

Membaca buku bisa mengirimkannya dengan fokus pada sesuatu yang netral. Menurut O'Donovan dari Associate Professor of Neurology di West Forest Baptist Medical Center mengatakan, agar otak tenang, jangan membaca buku digital atau buku yang membuatmu terlalu keasyikan sehingga otak menjadi segar.

 

  1. Menatap langit-langit kamar

Dalam penelitian menyebutkan, menatap ke atas akan merangsang sistem saraf parasimpatis. Dan akan menurunkan tekanan darah kamu dan memperlambat pernapasan. Dengan begitu, pikiran akan tenang. 

 

  1. Gunakan penutup mata

Menurut penelitian, cara seperti ini dapat membantu pendinginan suhu otak. Ini sangat bagus bagi penderita insomnia. Dengan cara ini, dianggap bisa menurunkan suhu otak sehingga kamu merasa cukup santai untuk tertidur.

 

  1. Teknik relaksasi

Ini dapat membantu seseorang untuk merilekskan pikiran dan tubuhnya. "Sebab, kita perlu memfokuskan pikiran terhadap sesuatu selain hal-hal yang membuat kita khawatir," ujar James Findley, pakar tidur dari University of Pennsylvania Perelman School of Medicine.