TREIndonesia

Melakukan Hal-hal Kecil yang Positif Dapat Membuat Hati Bahagia

25 March 2021

Bahagia memang tidak bisa diukur dari hal-hal yang besar saja, tapi juga bisa bahagia dengan berbagai hal-hal kecil dalam hidup.

Kebahagiaan memiliki banyak efek positif bagi kesehatan tubuh, misalnya tekanan darah yang lebih rendah dan kesehatan fisik yang lebih baik. Misalnya, dapat membuat rasa stres berkurang, pikiran menjadi jernih, tingkat kesenangan pun meningkat. 

Semua orang bisa bahagia, tapi tidak semua orang mampu mengatur naik turunnya emosi. Sebelum menyalahkan orang lain karena mood hancur seketika, ternyata otak kita sendiri bisa ikut terlibat sebagai salah satu pemicunya. Kok, bisa?

Kita tahu bahwa otak merupakan organ tubuh yang sangat peka terhadap semua hal, dari hal berbau negatif sampai positif. Sinyal yang ditangkap otak pun akan diteruskan ke sel-sel saraf dalam tubuh untuk memberikan respons tertentu. 

Jadi, kunci agar hidup bahagia adalah bisa mengendalikan emosi dan respons kita terhadap hal-hal negatif. Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan? Tentu ada, cara berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah memiliki hidup lebih bahagia.

Berikut langkah-langkah-langkahnya....

  1. Kenali berbagai emosi/perasaan

  2. Selalu berpikir positif

  3. Selalu bersyukur dalam keadaan apapun

  4. Pelajari hal baru setiap hari agar dapat mengaktifkan kembali pikiran kita

  5. Bersikap jujur

  6. Mencintai diri sendiri dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan dalam diri 

  7. Memaafkan diri sendiri

  8. Membangun hubungan yang kuat