TREIndonesia

Melatih Tetap Fokus Agar Lebih Konsentrasi

09 January 2021

Tidak fokus, apakah wajar saja? Secara umum, kurang konsentrasi memang suatu hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja. Tapi coba ketahui cara untuk melatih pikiran untuk tetap fokus setiap hari.

Banyak sekali aktivitas yang menuntut kita untuk berkonsentrasi tinggi. Hilang saja sedikit konsentrasi, fokus pikiran malah buyar dan apa yang dikerjakan menjadi berantakan. Hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan berfokus pada satu hal dalam satu waktu.

Terutama saat tubuh terasa lebih lesu dan lelah, kerap dianggap merasa kesulitan untuk berkonsentrasi. Namun, konsentrasi yang baik lantas membuat aktivitas yang kita lakukan akan berjalan lancar dan menghasilkan sesuatu yang positif. 

Kemampuan untuk memfokuskan pikiran merupakan keterampilan yang bisa di dapat dengan berlatih. Seperti apa cara melatihnya? 

Berikut, cara mudah untuk membantu meningkatkan konsentrasi, diantaranya:

Tentukan prioritas 

Faktanya, tidak semua orang mampu untuk melakukan yang namanya multitasking (meskipun bisa dilatih). Untuk bisa tetap berkonsentrasi dengan baik ketika beraktivitas adalah dengan menentukan mana di antara tugas-tugas tersebut yang harus diprioritaskan.

Hindari hal-hal yang mengganggu konsentrasi 

Bisa jadi mungkin itu smartphone, website favorit, atau yang lainnya. Inilah cara melatih konsentrasi yang efektif, mengingat sebagian besar orang kerap kali terganggu konsentrasinya oleh hal-hal yang bisa disebut sebagai ‘kesenangan digital’.

Istirahat

Ketika tugas menumpuk, beberapa orang lebih memilih langsung menyelesaikan daripada istirahat sejenak dengan waktu yang tersedia. Studi menunjukkan bahwa istirahat (tidur) memiliki efek yang signifikan terhadap peningkatan memori dan fokus seseorang. Jadi,  istirahat yang cukup jika ingin kemampuan konsentrasi meningkat.

Minum air putih yang cukup

Kurangnya minum air di siang hari kerap membuat tubuh merasa lelah, lambat dan tidak fokus. Hal ini penting untuk menghindari dehidrasi agar konsentrasi tidak buyar. Selain pemenuhan air yang cukup, penambahan nutrisi dari konsumsi buah-buahan juga dirasa membantu.

Mendengarkan musik klasik

Cara melatih konsentrasi adalah dengan mendengarkan alunan musik-musik klasik. Mendengarkan musik klasik menurut sejumlah penelitian, efektif untuk melatih konsentrasi seseorang. Hal ini karena kegiatan ini memiliki cara kerja dan efek yang sama seperti cara melatih fokus berupa meditasi.

Jagalah kesehatan tubuh dengan olahraga

Pasalnya, kegiatan fisik juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang mana juga memiliki kaitan dengan kemampuan berkonsentrasi. Studi membuktikan bahwasanya olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu peningkatan fungsi otak, termasuk kemampuan otak dalam berkonsentrasi.