TREIndonesia

Meluapkan Emosi dengan Cara Positif Adalah Hal yang Baik

16 March 2021

Saat merasakan emosi tertentu sangat penting untuk melampiaskan dengan hal positif agar tetap sehat secara fisik dan mental.

Merasa sedih, kecewa, atau marah adalah hal yang normal dan sehat jika bisa dikendalikan dengan baik. Berbagai emosi yang dirasakan ini akan berpengaruh pada tindakan seseorang, baik itu emosi positif maupun emosi negatif.

Tetapi ketika seseorang bertindak berdasarkan emosi sesaat atau pada jenis emosi yang salah, seringkali akan berada dalam situasi dan kondisi yang tidak menguntungkan. Daripada melakukan hal yang negatif, lebih baik luapkan saja emosi secara positif.

Berikut, cara mengontrol emosi tersebut yang perlu diketahui dan coba:

  1. Mengatur nafas

Ketika seseorang marah maka ritme nafas dan pergerakan aliran darah seseorang akan berjalan dengan cepat. Sehingga mengalami hal yang mungkin membuat tubuh seseorang tiba-tiba sakit dan tegang. Hal baik dilakukan adalah dengan mengatur atau menarik napas karena dapat memberikan oksigen ke otak untuk mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan diri atau pikiran.

  1. Berpikir dan bersikap positif

Seseorang mungkin tidak dapat mengubah situasi buruk, namun seseorang bisa mengubah sudut pandangnya untuk melihat situasi tersebut menjadi lebih positif.

  1. Mendengar musik

Mendengarkan musik juga bisa menjadi salah satu alternatif positif untuk meluapkan dan meredam emosi. Musik mengaktifkan sistem neurokimia dan struktur otak terkait suasana hati yang positif.

  1. Jalan-jalan

Jalan-jalan atau pergilah ke mana pun tempat dimaksudkan untuk mencari udara segar sejenak untuk melupakan masalah dan perasaan marah agar lebih tenang.

  1. Menangis

Menangis bisa menjadi salah satu pelampiasan emosi terbaik. Menangis bukan hanya respon manusia terhadap kesedihan dan frustasi, tetapi juga respons yang sehat.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan paling positif yang bisa kamu lakukan untuk meredam emosi. Tubuh secara otomatis akan memproduksi hormon endorphin lebih banyak, sehingga seseorang jadi lebih rileks dan lebih bahagia.

Menulis

Beberapa orang seringkali menuliskan kata dan menyampaikan perasaan mereka dibandingkan dengan menyampaikan langsung.  Meski terdengar biasa saja, ada banyak manfaat yang dirasakan oleh orang-orang, terutama bagi kesehatan mental.