TREIndonesia

Melukis: Terapi Seni yang Cocok untuk Kesehatan Emosional

27 November 2020

Mewarnai atau melukis dapat menjadi salah satu terapi seni yang bisa membantu kita dalam mengatasi masalah, mengekspresikan perasaan melalui lukisan dengan kuas dan cat pada kanvas. Berikut penjelasannya.

Aktivitas yang bermanfaat dan tentunya bisa menghilangkan jenuh, bosan, cemas, dan stres sangat dibutuhkan saat ini apalagi masih menjalani masa physical distancing dengan berbagai aktivitas rutin yang dilakukan setiap harinya. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di rumah adalah melukis.

Melukis merupakan kegiatan untuk mencurahkan kreativitas dalam diri menjadi sebuah karya seni. Tak sedikit pula yang menjadikan kegiatan ini sebagai hobi bahkan menyalurkan bakat. Disamping itu, melukis atau menggambar sangat baik untuk kesehatan emosional seseorang. 

Apakah salah satu manfaatnya dapat mengurangi stres?

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of The American Art Therapy Association, menyebutkan melakukan aktivitas kreatif selama 45 menit dapat mengurangi stres. Hal ini terkait dengan pengurangan kadar kortisol ketika seseorang berkegiatan seni. 

Manfaat dari terapi seni, salah satunya mampu untuk menenangkan sistem saraf, ketika seseorang fokus membuat sesuatu. Biasanya, pikiran akan bergeser dari kegalauan ke perenungan dalam membuat karya. Terapis asal Ottawa, Gill Reilly, berkata bahwa apa pun yang bisa membuat Anda duduk tenang, melupakan kekhawatiran Anda sejenak, dan berfokus pada saat itu saja, adalah suatu alat yang efektif.

Rupanya melukis dapat membuat kita menyadari perasaan sendiri sehingga emosi yang menimbulkan berbagai perasaan, bisa kita tuangkan lewat lukisan. Melukis juga membuka daya imajinasi kita dan menggunakannya untuk menghubungkan dengan kondisi perasaan kita. 

Beberapa manfaat melukis untuk kesehatan selain mengurangi stres, antara lain:

1. Melepaskan emosi yang tersembunyi

2. Emosi menjadi lebih positif

3. Meningkatkan kecerdasan emosional

4. Meningkatkan memori dan kreativitas

5. Mengekspresikan diri

6. Menenangkan emosi

7. Membuat kita memahami apa pemicu stres

8. Sebagai bentuk perawatan diri.