TREIndonesia

Memilih Traveling Sebagai Pereda Stres? Ini Alasannya...

02 April 2021

Selain menyenangkan, traveling merupakan salah satu cara untuk menyegarkan tubuh dan pikiran dari perasaan penat dan stres akibat aktivitas keseharian.

Suka traveling? Kini peminatnya semakin banyak dan liburan masih menjadi pilihan favorit banyak orang. Bukan rahasia lagi, bila traveling bisa meredakan stres secara psikologi. Riset dari the American Psychological Association menunjukan, mereka yang sering berpergian mampu menangani stres dengan lebih mudah.

Inilah yang membantu kita untuk mengurangi tekanan, mendapatkan beberapa pandangan dan memusatkan kembali pikiran, serta tubuh menjadi lebih rileks. Bagaimana dari sisi kesehatan? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa liburan tahunan dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan libido, dan bahkan memperpanjang umur. 

Sebenarnya masih ada banyak alasan lain mengapa liburan seringkali menjadi pereda stres yang efektif. Inilah alasannya...

  1. Akan banyak memandang warna hijau

Alih-alih melihat layar komputer dan pekerjaan, kamu bisa jalan mengelilingi kebun teh atau sekadar duduk di taman. Dengan melihat warna hijau, pikiran kamu bisa tenang dan badan bisa rileks.

  1. Bermain dan bersantai mampu meredakan ketegangan

Aktivitas liburan apa saja yang kamu pilih, dengan menghabiskan waktu duduk santai di pantai, Naik gunung, semua cara tersebut membantu menghilangkan stres asalkan kamu suka melakukannya dan menikmatinya.

  1. Memiliki waktu merefleksikan diri

Refleksi artinya menilik kembali kejadian di masa lalu dan merenungkannya dapat membuat kamu belajar dan mengambil makna dari setiap kejadian yang kamu alami. Sehingga kamu dapat menerima dengan ikhlas setiap kejadian yang membuat kamu stres. 

  1. Dapat merasakan udara segar dan sinar matahari

Ketika berlibur, kamu bisa mempunyai waktu untuk menikmati udara segar dan sinar matahari. Udara segar meningkatkan oksigen dalam darah kamu, sehingga memberikan lebih banyak energi dan berjemur di bawah sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati dan membantu menangkal depresi.

  1. Bebas dari rutinitas

Cara ini akan membuat kamu merasa lebih rileks dan senang, sehingga stres pun berkurang. Bila kamu ingin merasakan manfaat yang lebih maksimal, tinggalkan gadget dan nikmati saja liburanmu.

Lalu, apa saja manfaat traveling?

Manfaat traveling bagi kesehatan, seperti:

  • Dapat meredakan stres dan meningkatkan kebahagiaan

  • Meningkatkan produktivitas dan kreativitas

  • Meningkatkan kesehatan jantung

  • Mencegah demensia

  • Tidur lebih nyenyak

  • Membuatmu tangguh secara mental