TREIndonesia

Mengunyah Permen Karet Dapat Menurunkan Hormon Stres, Fakta atau Mitos?

15 March 2021

Apakah ,engunyah permen karet memberikan dampak baik salah satunya dapat membantu turunkan hormon stres atau kadar kortisol?

Siapa yang tak kenal permen karet? Makanan yang satu ini biasanya sangat disukai oleh anak kecil maupun orang dewasa. Dan dikenal dapat merusak manis tapi jika dikonsumsi berlebihan,  ya. 

Sebenarnya tidak semua permen itu buruk untuk dikonsumsi. Faktanya, banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi permen dalam jumlah yang cukup dapat memberikan kesehatan bagi kamu.

Mengunyah permen karet adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang banyak dilakukan. Ada sensasi tersendiri saat mengunyah permen karet. Selain memberikan rasa manis dilidah, bagi beberapa orang yang merasa cemas atau deg-degan, hal ini dapat menurunkan rasa cemas. 

Karena saat proses mengunyah bisa menstimulasi aliran darah dan air liur. Secara otomatis, proses ini akan menurunkan kadar kortisol atau hormon stres.

Dan ada juga manfaat lainnya yang bisa dirasakan saat mengunyah permen karet, seperti:

1. Dapat mengembalikan mood

Pekerjaan biasanya akan membuat pikiran menjadi ruwet. Tentu itu akan menghambat semangat dan mood untuk beraktivitas. Mengunyah permen dipercaya dapat menghilangkan mood buruk dan mengembalikan kemauan.

2. Mengatasi stres atau cemas 

Dengan mengunyah permen karet, ternyata mampu mengurangi kecemasan. Karena saat mengunyah permen karet, otak kita terangsang untuk lebih tenang dan mampu mengendalikan diri.

3. Menjaga kesehatan gigi

Air liur yang dihasilkan saat mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi asam pada gigi. Sehingga hal ini dapat menghindarkan gigi dari pembusukan. Selain itu, mengunyah permen karet selama 20 menit setelah makan terbukti dapat mencegah gigi berlubang dan mengurangi radang gusi.

4. Meredakan iritasi asam lambung

Mengunyah permen karet juga berperan penting dalam membantu meredakan iritasi asam lambung. Aktivitas mengunyah permen diketahui juga dapat memproduksi air liur yang banyak, sehingga hal ini berfungsi efektif meredakan asam lambung.

5. Meningkatkan konsentrasi 

Sebuah penelitian menunjukkan mengunyah permen karet dapat meningkatkan kerja mental yang mana dapat memicu fungsi kognitif seperti ingatan dan waktu reaksi akan semakin meningkat.

6. Membantu berhenti merokok

Kandungan nikotin di dalam rokok dapat membuat perokok sangat ketagihan. Tapi bagi yang ingin berhenti merokok, cobalah mengunyah permen karet. Pasalnya mengunyah permen karet berfungsi efektif mengurangi hasrat untuk merokok.