TREIndonesia

Merinding Bisa Karena Emosi Kuat Lho…

03 February 2021

Alasan seseorang merinding bukan cuma takut atau kedinginan, tapi juga ada beberapa kondisi, seperti emosi kuat. Begini penjelasannya...

Ketika merinding, kondisi otot-otot kecil di kulit menegang. Dan saat kondisi tegang, kantong kelenjar tempat rambut tumbuh (folikel) jadi sedikit naik atau tertarik dan terlihat berdiri dengan pori-pori kulit menonjol. 

Biasanya, ini terjadi saat seseorang merasa ketakutan, kedinginan, atau berada di tempat yang tinggi. Reaksi spontan tubuh tersebut, berkaitan dengan pertahanan diri. 

Dalam kasus-kasus seperti itu, merinding berkembang sebagai respons tubuh terhadap situasi-situasi dimana ia diperlukan untuk terlihat lebih kuat dan lebih besar. Terkadang, hal ini juga tidak akan terlihat signifikan atau bahkan kita tidak tahu ketika ada orang di sekitar kita sedang merinding.

Salah satu alasan kenapa seseorang bisa merinding adalah adanya emosi kuat. Ketika seseorang memiliki perasaan kuat seperti takut, kagum, ngeri, atau lainnya sehingga tubuh secara alami mengeluarkan hormon yang membuat seseorang merinding. 

Adapun menurut sebuah penelitian, persepsi dan umpan balik seseorang tentang merinding mengarah pada sifat emosi. Pengalaman emosional yang intens juga sangat terkait dengan merinding. Dan juga sebuah penelitian menunjukkan bahwa melihat rangsangan sosial seperti melihat film emosional lebih terkait erat dengan merinding daripada hanya mendengar sesuatu yang emosional.