TREIndonesia

Momen Menyenangkan Diri Sendiri atau ‘Me Time’ Itu Penting Lho

13 March 2021

Mengambil waktu untuk diri sendiri atau me time ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat me time?

Suntuk atau capek terhadap semua aktivitas harian? Atau merasa sangat penat bahkan ingin segera mengakhiri satu hari tersebut? Masa-masa itu tentu pernah kita alami. Dengan menyempatkan waktu untuk melakukan hal yang disenangi sendirian itu sangat diperlukan, ya. 

Biasanya, dikenal dengan sebutan 'me time'. Me time dapat menjadi momen bagi kita untuk menyepi tapi menyehatkan tubuh. Karena memiliki sederet manfaat sehat bagi tubuh, salah satu membuat kita bahagia.

Menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan para peneliti di University of Buffalo, AS, memiliki waktu berkualitas untuk diri sendiri meski hanya sebentar ternyata sangat bermanfaat. Dan peneliti dari Universitas Birkbeck, Dr. Almuth McDowall, me time berkualitas bisa meningkatkan kesehatan psikologis seseorang.

"Jika orang meluangkan waktu untuk mengisi ulang diri mereka secara berkualitas, maka bermanfaat bagi kesejahteraan psikologi, hubungan keluarga, dan pekerjaan." 

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja manfaat me time bagi kesehatan? Simak ulasannya... 

1. Meningkatkan konsentrasi dan produktivitas

Kehidupan sehari-hari penuh dengan berbagai hal yang dapat mengganggu dan mengalihkan pikiran. Me time memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja di kemudian hari.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychosomatic Medicine, orang yang memiliki emosi positif berupa perasaan yang bahagia, berenergi dan cenderung lebih tenang, mereka lebih jarang terkena penyakit flu. Tentunya emosi positif tersebut bisa diperoleh setelah menghabiskan waktu sendirian.

3. Menyegarkan tubuh dan pikiran 

Waktu untuk diri sendiri amat berguna untuk menyegarkan pikiran karena otak kita terbebas dari berbagai hal yang mengganggunya. 

4. Mengurangi stres, risiko depresi dan kecemasan

Menurut metua penelitian Dr. Julie Bowker, menjelaskan bahwa me time dapat mengurangi stres dan risiko depresi dan kecemasan dengan lebih cenderung melakukan aktivitas kreatif.

5. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Menghabiskan waktu dengan diri sendiri selama me time memiliki manfaat dalam meningkatkan beberapa aspek, diantaranya:

• Kemampuan berkomunikasi dan memahami orang lain

• Pemahaman terhadap diri sendiri

• Kecerdasan intelektual dan emosional

• Rasa percaya diri

• Perasaan bahagia saat berinteraksi dengan orang lain

• Motivasi untuk mengembangkan diri sendiri