TREIndonesia

Muncul Rasa Panik Tiba-Tiba, Ini Cara Atasi Panic Attack

10 December 2020

Panic attack lebih dari sekedar serangan kepanikan biasa. Bagi sebagian orang, mungkin ini memang masih dianggap biasa. Namun, ada kalanya kita harus belajar agar bisa mengatasinya dimana dan kapan saja.

Dalam beberapa kasus, panic attack menyerang tiba-tiba tanpa peringatan apapun. Panic attack bukan sesuatu yang dapat kita remehkan. Jika diabaikan begitu saja, akan bisa berakibat fatal dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Untuk itu, kita perlu mempelajari hal-hal tentang mengatasi panic attack dengan melatih mengenali, menghadapi dan mengelola panic attack itu sendiri. 

Profesor Paul Salkovskis, Profesor Psikologi Klinis dan Sains Terapan di University of Bath, mengatakan penting untuk tidak membiarkan rasa takut akan panic attack mengendalikan Anda.

"Panic attack selalu berlalu dan gejalanya bukanlah tanda terjadinya sesuatu yang berbahaya. Katakan pada diri sendiri bahwa gejala yang Anda alami disebabkan oleh kecemasan."

Ada beberapa cara atasi panic attack: 

- Kenali panic attack 

Ketika panik attack mulai menyerang, biasanya tubuh kita mengirimkan sinyal ‘bahaya’ sehingga kita merasa ketakutan. Dalam kondisi ini, secara otomatis tubuh kita merespon dengan beberapa sensasi fisik maupun psikologis. Dengan mengenali panic attack lebih dalam, kita dapat mengantisipasi dan mengelolanya.

- Ubah pola pikir (mindset)

Dengan mengendalikan pemikiran negatif, kita perlu menghadapinya dengan cara menguraikan pemikiran-pemikiran negatif, apakah benar atau hanya sebatas pemikiran kita saja. Dari pemikiran tersebut, kita bisa lebih rasional dan seimbang dalam merespon sensasi-sensasi yang terjadi pada tubuh selama panic attack terjadi.

- Atur pernapasan

Ketika sensasi-sensasi tersebut terjadi, ada baiknya kita belajar mengatur nafas atau teknik pernapasan secara perlahan dan teratur melalui hidung. Rajin melakukan latihan pernapasan dapat mengurangi frekuensi dan intensitas panic attack.

- Relaksasi tubuh

Relaksasi tubuh dengan melakukan relaksasi otot-otot untuk mengurangi ketegangan tubuh itu sangat penting dalam menghadapi panic attack. Relaksasi tubuh bisa dilakukan dengan latihan TRE, yoga, meditasi, tai chi dsb.

- Rutin olahraga dan menjaga pola makan sehat

Olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh yang dapat meredakan stres. Olahraga terbukti menjadi salah satu penanganan panic attack dan gangguan kecemasan yang efektif. Disamping itu, menjaga pola makan sehat juga penting untuk menyeimbangkan tubuh dan pikiran. Atur pola makan sehat dan kurangi mengonsumsi  kafein maupun alkohol.