TREIndonesia

Ngulet Saat Bangun Tidur Dapat Melepaskan Stres, Nyeri Sendi dan Ketegangan Otot

13 January 2021

Hal yang paling sering dilakukan ketika bangun tidur adalah ngulet atau meregang-regangkan tangan dan badan. Inilah cara respon tubuh saat bangun tidur, saat duduk terlalu lama, atau kala sedang bosan. 

Tak hanya nikmat, ternyata ngulet memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan lho. Gerakan ini dianggap sebagai cara alami sistem saraf untuk “membangunkan” sistem motorik sensorik agar siap untuk dipakai beraktivitas. 

Meski banyak manfaatnya, ngulet bisa menimbulkan risiko cedera otot. Ini karena biasanya dilakukan di luar kesadaran penuh. Bisa saja meregangkan otot terlalu jauh atau memuntir tubuh secara tiba-tiba sehingga otot dan sendi jadi cedera. 

Untuk menghindari risiko tersebut, sebaiknya ganti kebiasaan ngulet di pagi hari atau setelah kelamaan duduk dengan gerakan peregangan sederhana yang aman dan bermanfaat.

Berikut, adapun manfaat ngulet bagi kesehatan:

  1. Meredakan nyeri sendi

Peregangan sederhana saat bangun tidur dapat membantu seseorang melemaskan otot-otot yang tegang, menaikkan suhu tubuh dan mempersiapkan tubuh untuk beraktivitas seharian penuh.

  1. Melancarkan peredaran darah

Biasanya saat bangun tidur, darah dan cairan dalam tubuh akan mengumpul di punggung. Dengan bergerak dan melakukan peregangan, darah dan cairan tersebut pun kembali menyebar ke seluruh tubuh secara merata. Sirkulasi darah yang lancar bisa mencegah kepala yang pusing dan berkunang-kunang saat seseorang beranjak bangun.

  1. Melepaskan stres

Sebuah studi yang menganalisis mengenai kebiasaan ngulet dengan tingkat stres menemukan bahwa ngulet bisa membantu mengusir stres. Ketika ngulet, tubuh memproduksi zat endorfin yang akan memicu rasa senang dan pikiran yang positif dan meningkatkan stamina.

  1. Meningkatkan suhu tubuh

Suhu normal tubuh manusia berkisar antara 37-38 derajat celcius. Maka dari itu, untuk meningkatkan suhu tubuh, otak memberikan rangsangan untuk ngulet dan membantu menghangatkan tubuh supaya lebih segar.

  1. Melepaskan ketegangan otot

Ngulet juga terbukti mencegah penumpukan ketegangan otot kronis. Aktivitas ini bisa membuat otot berkontraksi, sehingga tubuh seperti di-restart jadi segar kembali.

  1. Memacu kemampuan kognitif

Menurut American College of Sports Medicine, peregangan juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali otak. Ketika aliran darah lancar, tingkat konsentrasi serta ketajaman panca indra pun akan semakin tinggi.